Ambon, Banda, Namrole, Langgur, Hingga Dobo dilanda cuaca ekstrim, sejumlah rumah rusak berat

0
113
Angin Kencang mengakibatkan pohon tumbang dan menutup ruas jalan di Kota Doobo, Kepualauan Aru, Selasa Pagi (29/01/2019)

TABAOS.ID,- Hujan lebat disertai angin kencang terus melanda beberapa wilayah di Maluku. Dalam sepekan ini saja, sejumlah wilayah sudah terkena dampak dari cuaca buruk tersebut.

Daerah-daerah yang dilanda angin kencang seperti Langgur Maluku Tenggara, Banda Maluku Tengah, Dobo Kepualauan Aru, serta Kota Ambon.

Akibat cuaca buruk ini, mengakibatkan sejumlah fasilitas rumah ibadah dan rumah milik warga rusak berat. Selain rumah sejumlah fasilitas Pemerintah  juga ikut rusak karena tertimpa pohon besar.

Pihak BMKG Stasiun Pattimura Ambon memprediksi cuaca ekstrem masih berlangsung beberapa hari lagi.

Ambon dilanda cuaca buruk, Sejumlah Pohon Tumbang

Cuaca buruk, melanda ambon sejak sepekan terakhir ini, hujan lebat disertai angin kencang mengakibatkan sejumlah pohon besar tumbang.

Sejumlah pohon besar ikut tumbang dan menutup ruas jalan, beruntung saat peristiwa tersebut tidak ada pengendara atau pejalan kaki yang lewat.

Petugas Polsek Teluk Ambon dibantu warga sedang membersihkan material Pohon yang tumbang di ruas jalan Hatiwe Besar. Selasa Pagi (29/01/2019)

Pihak BPBD Kota Ambon menghimbau, telah mengeluarkan himbauan kepada masyarakat, terutama di bantaran sungai dan lereng gunung untuk tetap waspada.

Sejumlah pohon tumbang di dobo, Kepulauan Aru

Dalam dua hari terakhir ini, sejumlah wilayah di Kabupaten Kepulauan Aru dilanda Cuaca ekstrim, dalam peristiwa ini sedikitnya empat rumah milik warga dihantam angin kencang.

Selain Rumah warga yang rusak berat, sejumlah pohon juga ikut tumbang dan menimpa fasilitas pemerintah dan menutup ruas jalan di kota Dobo. Akibat ditimpa sejumlah pohon, sejumlah listrik di kota dobo padam.

Angin kencang menerjang pohon-pohon tumbang dan menutup ruas jalan di Kota Dobo, Kabupaten Aru, Selasa pagi (29/01/2019)

Masyarakat Kota Dobo dihimbau agar tetap waspada dan berhati-hati, bila terjadi cuaca buruk.

Baca Juga  KPK Periksa 9 Pejabat di Maluku

Angin Kencang juga melanda Namrole, Buru Selatan

Angin kencang disertai hujan yang terjadi Senin malam (28/1/2019)  sekitar pukul 22:45 WIT. Angin kencang ini mengakibatkan plafon kantor Bupati Kabupaten Buru Selatan di Namrole ambruk.

Peristiwa ambruknya plafon kantor Bupati yang di tempati ASN dan PTT Bagian Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) baru di ketahui pagi Selasa (29/1/2019)

Beruntung saat saat ambruk tidak ada pegawai yang berada di lokasi tersebut. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini,Namun kerugian ditaksir belasan juta rupiah.

Sejumlah Rumah Sejarah di Banda Naira, Maluku Tengah diterjang Angin Kencang

Selain, melanda Wilayah Lainnya di Maluku angin kencang juga menerjang Banda Naira, Kabupaten Maluku Tengah. Dalam peristiwa ini sejumlah rumah milik warga rusak berat akibat diterjang angin kencang.

Sejumlah rumah sejarah dan pohon tumbang akibat diterjang angin kencang sekitar pukul 03.00 WIT, selasa dini hari (29/01/2019)

Selain rumah milik warga yang rusak, angin kencang juga menerjang pohon besar sehingga roboh dan merusak akses pemerintah dan rumah warga.

Belum diketahui kerugian akibat peristiwa ini, namun warga dihimbau agar tetap berhati-hari dan tetap waspada jika terjadi cuaca buruk. (T05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here