Angkasa Pura I Cabang Ambon Fasilitasi 6000 Pemudik Ke Pulau Seram

0
95
PT angkasa Pura I Cabang Ambon melepaskan para para pemudik pulau Seram

TABAOS.ID,- Selama empat hari kedepan, terhitung sejak 1  hingga 4 Juni mendatang, PT Angkasa Pura I Cabang Bandara Pattimura Ambon, bakal menfasilitasi 6200 pemudik menggunakan angkutan penyeberangan, dari Pelabuhan Hunimua Desa Liang menuju Pelabuhan Waipirit di Kecamatan Kairatu, Kabupaten Maluku Tengah.

6200 tiket Ferry gratis tersebut disediakan oleh PT angkasa Pura I Cabang Ambon hasil kerjasama dengan PT Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan (ASDP) Cabang Ambon dalam program Mudik Garis Bareng BUMN.

Pelepasan ratusan pemudik gratis dihadiri, Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis Kementerian BUMN, Hambra Samal di ruang tunggu pelabuhan Hunimua. Para pemudik diberangkatkan menuju sejumlah desa di Kabupaten Seram Bagian Barat dan Kabupaten Maluku Tengah. Tidak ada persyaratan khusus untuk mendapatkan layanan gratis tersebut.

“Total ada 6000 pemudik yang kita gratiskan sejak hari ini sampai H-1 lebaran. Ini hanya kita khususkan untuk pemudik yang tidak menggunakan kendaraan bermotor. Kalau yang pakai kendaraan tanggung sendiri,” kata Amiruddin Floresnsius, General Manager Angkasa Pura I Cabang Ambon, di Pelabuhan Hunimua, Sabtu (01/06).

Pantauan tabaos.id, belum ada lonjakan penumpang di pelabuhan Hunimua Liang. Diperkirakan puncak arus mudik di pelabuhan tersebut baru akan terjadi pada H-3 lebaran. Meski begitu, Florensius berharap, layanan gratis yang diperuntukan dapat merangkul semua pemudik hingga ke kampung halamannya.

Sementara itu, Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis Kementerian BUMN, Hambra Samal mengapresiasi kerjasama dua cabang BUMN di Maluku tersebut. Menurutnya, BUMN harus dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat melalui program Corporate Sosial Responsibilities (CSR).

“BUMN itu badan usaha milik negara. Tapi hakekatnya ini adalah milik masyarakat Indonesia. Kita hanya diberikan tanggung jawab untuk mengelolah, dan melalui program  inilah, kita untuk apa yang menjadi milik masyarakat,” kata Samal.

Baca Juga  Ratusan Rumah di Seram Bagian Timur Terendam Banjir

Selain angkutan gratis penyeberangan Ferry di Pelabuhan Hunimua menuju Pelabuhan Waipirit. ASDP Cabang Ambon juga memberikan mudik gratis selama tiga hari kedepan  untuk rute dari Ambon menuju Kabupaten Buru. Hasil kerjasama dengan PT. Jasa Raharja Cabang Ambon. (T02)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here