Banjir Kepung Kota Bula Kabupaten Seram Bagian Timur

0
647
Sejumlah mobil dan motor yang menerobos banjir terlihat terjebak akibat derasnya air disertai lumpur, menyebabkan mobil dan kenderaan roda dua mogok ditengah banjir, Minggu (10/03/2019)

TABAOS.ID,- Hujan deras mengguyur Kota Bula, Kabupaten Seram Bagian Timur, Maluku beberapa hari ini  menyebabkan banjir merendam hampir seluruh Kota Bula ibu Kota Kabupaten.

Banjir dengan ketinggian satu meter hingga satu setengah meter ini disebabkan meluapnya kali Wailola besar  akibat tak mampu menampung debit air sehingga merendam pemukiman warga.Sejumlah desa pun ikut terendam air dengan ketinggian 1 meter hingga dua meter, diantaranya, Desa Kampung Gorom, Desa Wailola, Desa Limumir serta Desa Bula.

Dari pantauan tabaos.id di lokasi banjir, terlihat sejumlah mobil dan motor yang menerobos banjir pun terjebak akibat derasnya air disertai lumpur, menyebabkan mobil dan kenderaan roda dua mogok ditengah banjir.

Babang salah satu pengendara kepada tabaos.id mengatakan bencana banjir tersebut telah terjadi dalam sepekan ini lantaran hujan yang terus mengguyur Kota Bula, Kabupaten SBT

“Hujan terus sehingga air dari Kali Wailola meluap sehingga masuk dan merendam kota bula ini, dan kejadian ini sudah sering terjadi bila datang musim penghujan,”Ungkap Babang

Menurut Babang, banjir tersebut membuat aktivitas warga di Kota Bula terhambat. Untuk itu dia mengharapkan adanya penanganan cepat dari pihak terkait, seperti Dinas Pekerjaan Umum dan juga BPBD Kabupaten SBT.

Banjir ini, disebabkan akibat  intensitas hujan yang tinggi melanda  Kabupaten Seram Bagian Timur dan sebagian daerah lainnya di maluku, dalam beberapa hari terakhir, disertai angin kencang dan cuaca ekstrim. Puluhan rumah dari empat desa juga ikut terendam banjir .

Hingga minggu pagi, banjir masih terus  menggenangi kota bula, meski begitu tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini . Namun, pihak dinas terkait belum bisa memberikan keterangan kerugian akibat banjir tersebut.(T05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here