Benarkah Asal Usul Pattimura Terekam di Hulaliu ? Ini Penjelasan Dari Peneliti Sejarah Pattimura

0
3595
Lukisan sosok Thomas Matulessy, dari kiri ke kanan : 1). Sosok Thomas Matulessy (Kapitan Pattimura) yang dilukis oleh Verhuell saat membuat acara pemeriksaan. 2). Lukisan Kapitan {Pattimura yang dilukis oleh Latuputty dari LEKRA pada tahun 1951.

TABAOS.ID,- Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pattimura, Leunard Happy Lelepary mengajak masyarakat Maluku mengunjungi Negeri Hulaliu di Pulau Haruku. Ia bermaksud menunjukan sejarah Thomas Matulessy – Pattimura lewat perayaan Hari Ulang Tahun ke 202, 13-15 Mei 2019.

“Bagi basudara yang ingin membuktikan kebenaran sejarah Pattimura boleh pulang ke Negeri Hulaliu (Haturessy Rakanyawa),” tulis Leunard di laman facebooknya, Sabtu, 11 Mei 2019.

Leunard mengatakan, catatan sejarah Pattimura belum selesai. Menurutnya, Pattimura berasal bukan dari Pulau Saparua. Ia mengklaim, adanya rekayasa sejarah yang menyebut Pattimura berasal dari Pulau Haria.

 “Catatan sejarah Pattimura belum selesai, ada bagian yang harus diluruskan,” kata Leunard.

Leunard mengatakan, adanya rekomendasi meneliti kembali asal-usul Pattimura saat seminar sejarah Pahlawan Nasional Kapitan Pattimura pada tanggal 5 – 8 November 1993. Hal itu, karena persoalan silsilah dan asal usul Pattimura dari negeri Haria ini dipersoalkan dalam forum seminar dimaksud.

Ia menyebutkan saat seminar, seorang keturunan Pattimura dari Pulau Hulaliu menyerahkan bukti itu. Menurut Leonard,  penyerahan bukti-bukti sejarah keluarga Pattimura itu, mempengaruhi catatan asal usul Thomas Matulessy Kapitan Pattimura saat itu.

Leunard mengungkapkan sebuah catatan milik Pakar Sejarah Drs.I.O. Nanulaita juga  menuliskan Thomas Matulessy-Kapitan Pattimura berasal dari Keluarga Matulessy di Hulaliu, dan keturunannya masih hidup hingga saat ini. Silsilah itu ditulis tanggal 4 Maret 1908.

Catatan itu menyebutkan, register Negeri Hulaliu Tahun 1895 mencatat nama Thomas Matulessy sebagai pemilik 4 dusun pusaka dan memiliki 6 dusun dati.

Bukti Pattimura berasal dari Pulau Hulalui juga dibuktikan dengan adanya             surat pengabulan dari Gubernur Hindia Belanda tanggal 14 April 1925 mengenai permohonan keluarga Lessiputy kembali memakai marga Matulessy tanggal 27 Mei 1921 oleh Gubernur Hindia Belanda di Batavia.

Baca Juga  Tentara Maluku Pemberani Hingga Ke Perang Korea

Leonard menyebutkan, adanya dokumen Baptisan Jemaat GPM Hulaliu Tahun 1814 juga mencatat tiga anak laki laki Thomas Matulessy-Kapitan Pattimura.

“Bukti ini menggugurkan bukti sisilah Thomas Matulessy-Kapitan Pattimura dari Haria yang menyatakan Thomas Matulessy mati muda dan tidak memiliki keturunan,” kata Leunard.

Ia menambahkan, kuburan keluarga van Den Berg Residen Saparua ada di Marshalah. Benteng Marshala adalah tempat pertemuan para Kapitang di Pulau Hulaliu.

Hingga saat ini, sejarah Pattimura masih simpang siur. Jejak sejarah di Hulaliu yang disebutkan menambah daftar versi asal-usul Pattimura.(T01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here