Berbagi Kurban ! KALAPAS Ambon “Ajak Semua Element Peduli Sesama Sambut Idhul Adha Ditengah Corona”

0
82

TABAOS.ID,- Hari Raya Idhul Adha 1441 Hijriah yang jatuh pada hari Jumat (1/8), seluruh masyarakat muslim diberbagai penjuru dunia merayakan momen tersebut dengan berkurban memotong sapi ataupun hewan kurban lainnya.

Tak terkecuali para Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Ambon. Dimana sebanyak 358 Narapidana turut andil dalam pemotongan hewan Kurban yang dilakukan di dalam Lapas, baik Muslim maupun non Muslim tumpah ruah pada Jumat (31/07/20).

Tampak Pemotongan Hewan Kurban yang Dilakukan oleh Narapidan Muslim dan Non Muslim Di Lapas Kelas IIA Ambon

Menurut Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIA, Saiful Sahri Kegiatan penyembelihan hewan Qurban ini memang rutin dilakukan setiap menjelang hari Idhul Adha.

“Perayaan Idhul Adha telah menjadi agenda rutin yang di lakukan di seluruh Lapas maupun rutan di Indonesia dan untuk tahun ini kita mendapatkan sebanyak 3 ekor Sapi untuk disembeli di dalam Lapas” tutur-Nya

Penyembelihan hewan Kurban sendiri dilaksanakan setelah pelaksanann Dholat Idhul Adha berjamaah. Sebelum disembeli hewan Kurban di arak dengan lantunan suara rebana dalam hadrat yang dibawahkan oleh narapidana.

Selain dibagikan oleh seluruh petugas dan narapidana. Lapas Ambon juga akan meyalurkan daging Kurban ke masyarakat disekitar lingkungan Lapas Ambon.

“Ditengah pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) masyarakat dihadapkan pada situasi yang sulit yang mana salah satunya berdampak pada ekonomi masyarakat yang pendapatannya bergantung pada penghasilan harian sehingga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari serasa sulit ditambah lagi Masyarakat juga harus mengurangi aktifitas diluar” Rinci-Nya

Lanjut Ia (Syaiful)sebagi wujud empati dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar, melalui momentum Hari Raya Idul Adha ini, Lembaga Pemasyarakatan berbagi daging Kurban kepada masyarakat dilingkungan sekitar Lapas Ambon” tutur-Nya Jumat (31/7).

 

Foto Petugas Lapas Bersama Masyarakat di salah Satu Masjid yang Ada di Nania kec. Baguala Ambon

Bertempat di Masjid Nania Atas, pembagian daging Kurban ini diserahkan langsung oleh Kepala Seksi Pembinaan Narapidana dan Anak Didik (Binasi), Meky Patty didamping oleh Kepala Keastuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP), Sonny Tanikwele dan Kasubsi Keamanan, Hendro Suatrian kepada masyarakat Jama’ah masjid tersebut.

Baca Juga  Menyambut Idul Adha Danrem 151/Binaiya Beri Bantuan Hewan Qurban

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIA Ambon, Saiful Sahri mengatatakan bahwa penyembelihan hewan qurban hendaknya menjadi pembelajaran bagi kita semua untuk menumbuhkan rasa saling berbagi dan peduli terhadap sesama.

“Melalui momentum Idul Adha ini marilah kita untuk memaknai Perayaan Hari Raya Idul Adha di tengah pandemi Covid-19 untuk saling berbagi kepada sesama yang membutuhkan” Ungkap Kalapas Kelas IIA Ambon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here