BREAKING NEWS : Gempa Bumi Tektonik M5,4 Guncang Kabupaten Seram Bagian Timur, Tidak Berpotensi Tsunami

0
119
Sekitar pukul 16.36.49 WIT,wilayah Laut Seram diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki kekuatan M=5,7, yang kemudian dimutakhirkan menjadi Mw=5,4.

TABAOS.ID,- Gempa Bumi  kembali melanda  Kabupaten Seram Bagian Timur sekitar  pukul 16.36.49 WIT,  Minggu Sore ( 3/2/2019).

Melalui rilis BMKG, sekitar pukul  16.36.49 WIT, wilayah Laut Seram diguncang gempa tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa ini memiliki kekuatan M=5,7, yang kemudian dimutakhirkan menjadi Mw=5,4.

Episenter gempa terletak pada koordinat 3,22 LS dan 130,78 BT, atau tepatnya berlokasi di laut, dengan kedalaman 40 km, pada jarak 65 km arah Timur Laut Seram Bagian Timur, Propinsi Maluku.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas North Seram Thrust.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa ini dipicu oleh penyesaran naik (thrust fault). Guncangan gempa dilaporkan dirasakan di daerah Kecamatan Siwalalat II MMI.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa tdak berpotensi tsunami.

Namun menurut informasi sebagian warga di Kabupaten Seram Bagian Timur, gempa tersebut sangat dirasakan meski tidak begitu lama

Hingga pukul 17.15 WIT, Hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 2 kali aktivitas gempa susulan (aftershock). 

BMKG Stasiun Pattimura menghimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (T05)

Baca Juga  BKSDA Maluku Gagalkan Penyelundupan Burung Endemik Maluku

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here