Bupati Maluku Barat Daya Bakal Upayakan Perda Sopi

0
149
Sopi Asal Maluku Barat Daya yang ditangkap Aparat Polres Ambon. Ribuan Liter Sopi ini langsung dimusnahkan dengan cara ditumpahkan ke dalam laut.

TABAOS.ID – Kekosongan jabatan Bupati Maluku Barat Daya sejak ditinggalkan Barnabas Orno yang kini menjabat sebagai Wakil Gubernur Maluku telah diisi. Benyamin Thomas Noach akhirnya dilantik Gubernur Maluku, Murad Ismail. Usai mengucap sumpah di kantor Gubernur Maluku, Rabu (29/05), dirinya berjanji bakal mengupayakan minuman tradisional jenis Sopi  masuk dalam Peraturan Daerah.

“Kita akan upayakan agar Sopi punya Perda dalam waktu dekat,” kata Benyamin Thomas Noach kepada awak media usai pelantikan dirinya sebagai Bupati Maluku Barat Daya.

Minuman tradisional jenis Sopi selalu hadir dalam setiap upacara maupun kegiatan – kegiatan adat masyarakat di Kabupaten Maluku Barat Daya. Namun disisi lain, penjual minuman keras tradisional tersebut kerap digerebek aparat kepolisian.

Apalagi, baru – baru ini untuk pertama kalinya Kepolisian Daerah (POLDA) Maluku, melalui Direktorat Polisi Perairan (DitPolair) menyerahkan berkas kasus kepemilikan minuman keras jenis Sopi ke Kejaksaan Tinggi Maluku untuk ditindaklanjuti.

Padahal, selain alat pemersatu dan adat masyarakat setemoat. Sopi juga menjadi mata pencaharian sebagain orang. Dari hasil penjualan, produsen maupun penjual sopi banyak yang mampu menyekolahkan anak-anak mereka hingga jenjang perguruan tinggi.

“Dalam waktu dekat mudah – mudahan. Saya masih memikirkan bagaimana masyakarat bisa dapat uang dengan kearifan lokal yang ada. Salah satunya Sopi ini,” ujarnya.(T02)

Baca Juga  Kasus Pemalsuan identitas Aleta Akan Dibawa Ke Ranah Hukum

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here