Catatan Pendek untuk Hardiknas: Belajar dari Covid-19

    0
    156

    Pandemi juga makin mengajarkan kita akan pentingnya kesehatan dan lingkungan yang bersih. Kini siapa pun wajib menjaga dan meningkatkan kualitas kesehatan lingkungan, diri dan imun tubuhnya.

    Oleh: M. Ikhsan Tualeka

    Kata-kata bijak “selalu ada hikmah dari setiap peristiwa” agaknya relevan dengan situasi kita mengadapi pandemi wabah Covid-19 saat ini. Kita akhirnya dapat belajar banyak hal.

    Bahwa ternyata selama ini, manusia adalah mahluk yang lemah, dan karena itu pula pandemi membuat banyak diantara kita menjadi kembali pada tuhan. Wabah memaksa banyak tempat maksiat tutup dengan sendirinya.

    Pandemi juga makin mengajarkan kita akan pentingnya kesehatan dan lingkungan yang bersih. Kini siapa pun wajib menjaga dan meningkatkan kualitas kesehatan lingkungan, diri dan imun tubuhnya.

    Dengan kesadaran kolektif tentang pola hidup sehat dan sanitasi lingkungan, risiko penyakit-penyakit lain selain Covid-19 pun ikut menurun persentasenya. Itu artinya jika kondisi ini tetap dipertahankan, kualitas kesehatan masyatakat akan lebih baik walau pandemi berlalu.

    Pelajaran penting lainnya adalah, Social Distancing, yang menjadi gerakan memutus matarantai Covid-19, membuat banyak orang yang kembali dan lebih dekat pada keluarganya. Hubungan orang-orang yang selama ini serumah namun kurang baik komunikasinya karena kesibukan masing-masing kini jauh lebih berkualitas.

    Pelajaran penting di atas mestinya juga membuat kita semakin kuat dan lebih maju. Karena mesti ada yang prediksi kondisi ini akan berakhir pertengahan tahun 2020 ini, iya mungkin saja, tapi jangan-jangan tak kondisi memang akan normal kembali.

    Artinya kedepan kita harus terus berbanah dan berubah untuk terus adaptif dengan Covid-19, karena mungkin kita akan terus hidup berdampingan dengan virus ini, melihat fenomena di negara lain (China), orang yang sudah terpapar, sembuh, namun kembali lagi terpapar.

    Ya, seperti kita hidup selama ini dengan Virus Influenza, H1N1, Sars, Cacar, Herpes, HIV, DBD, Zika, Ebola dan virus lainnya. Yakni akan ada vaksin, lalu muncul strain modifikasi, bikin vaksin lagi dan seterusnya.

    Ternyata kita tidak hanya bisa belajar dari orang lain atau seseorang, tapi dari virus pun kita juga bisa belajar banjak hal, belajar tentang arti penting kehidupan. Selamat hari pendidikan nasional, belajar hari ini, berkualitas kemudian.

    Penulis adalah Founder/CEO IndoEast Network

     

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here