Cuaca Buruk, Nelayan Asal Sinjai Sulsel Hilang Di Laut Aru

0
168
Lokasi Hilangnya Nelayan Asal Sinjai di Perairan Kepulauan Aru

TABAOS.ID,- Kecelakaan laut kembali terjadi. Seorang ABK KM.Astri 02 bernama lengkap, Risal itu terjatuh dan hilang di perairan Laut Aru, Maluku, Minggu, 5 Juli 2020.

Warga Sinjai, Sulawesi Selatan itu terjatuh sekira pukul 01.30 wit saat itu. Jatuhnya pria 25 tahun itu tanpa sepengetahuan nahkoda kapal maupun rekan ABK lainnya yang dikabarkan sedang tertidur, saat perjalan balik ke Ambon usai operasi penangkapan ikan di sekitar laut Aru.

“Sekitar pukul 19.00 wit, korban mengambil alih kemudi kapal, seluruh ABK termasuk nakhoda dalm keadaan tertidur. Pukul 24.00 Wit, Nakhoda terbangun dan mendapatkan korban masih berada diatas kapal. Nahkoda kembali tertidur. Teebangun lagi sekira pukul 01.30 wit, mendapatkan korban sudah tidak berada diatas kapal, diperkirakan terjatuh kelaut,” ungkap Kepala Basarbas Ambon, Muslimin kepada wartawan di Ambon, siang tadi, (5/6/2020).

Muslimin menjelaskan, setelah melihat korban tidak ada, Nakhoda kapal langsung mengambil langkah untuk mencari korban. Sekitar 1 jam kedepan,  korban tak lagi ditemukan. Nahkoda lalu memutuskan untuk kembali melanjutkan perjalanan pulang ke pangkalan Ambon dan tiba di PPN Ambon, Minggu pagi tadi, sekira  pukil 06.30 wit.

Proses Pencarian Nelayan Sinjai oleh Tim Basarnas Ambon.  Foto : Kantor SAR Ambon

Kejadian ini, kemudian dilaprorkan ke Kantor Basarnas Ambon melalui Nahkoda. Setelah menerima info, penyebab jatuhnya korban kelaut diperkirakan karena terpeleset saat mencoba memperbaiki lampu yg rusak pada tiang buritan kapal.

“Kapal yang ditumpangi korban bertolak dari PPN Ambon 17 Juni 2020 menuju Fishing Ground laut Aru. Saat ini, tim diberangkatkan ke lokasi pukul 12. 53 wit. dengan menggunakan RIB dan KM.Astri Jaya 02 untuk kembali melakukan pencarian terhadap korban,” ujar dia. (T-06)

Baca Juga  Hati-hati Jika Berenang di Pantai Saat Ombak, Tiga Bocah di Desa Suli Tewas Tenggelam Setelah Berenang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here