Demokrat Ke BTN, Golkar Jomblo …?

0
258

TABAOS.ID,- Ambisi Golkar untuk merebut kursi bupati dari tangan PDIP di Maluku Barat Daya dengan men­-calonkan Desianus Orno alias Odie terancam gagal. Justru Golkar bisa menjadi jomblo.

Setelah menggenggam rekomendasi Golkar, Odie be­gitu yakin akan men­dapatkan rekomendasi dari Partai Demokrat sehingga bisa melenggang ke pilka­da MBD.  Apalagi ia sudah tercatat sebagai anggota partai berlambang bintang mercy itu.

Odie dan pasangannya Bastian Petrus, Ketua DPD Golkar MBD mulus mendapatkan tiket dari Golkar atas bantuan lobi Barnabas Orno, kakak Odie yang saat ini menjabat Wakil Gubernur Maluku.

Hitungan Golkar, Odie dan kakak­nya meleset. Demokrat memilih un­tuk memberikan rekomendasi ke­pada Benyamin Thomas Noach dan Agustinus Lekwardai Kilikily  (B­TN-ARI) sebagai pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten MBD. Alasannya, berdasarkan hasil survei tingkat elektabilitas pasangan ini sangat tinggi.

Dukungan Demokrat yang di­beri­kan kepada pasangan BTN-ARI membuat Golkar yang hanya memiliki tiga kursi di MBD dalam posisi sangat sulit. Butuh sokongan dari partai lain sebagai pengganti Demokrat agar bisa ikut pilkada. Jika tidak Golkar menjadi jomblo.

Keputusan Demokrat mendukung Noach yang saat ini menjabat Bupati MBD dan pasangannya, disampaikan dalam rapat yang dipimpin Ketum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Kantor DPP Partai Demokrat, Jl. Proklamasi, Jakarta Pusat, Kamis (16/7).

Sikap politik Demokrat itu dituangkan dalam Keputusan Nomor: 104/SK/DPP.PD/VI/2020 tertanggal 16 Juli 2020, yang ditandatangani Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono dan Sekjen, H Teuku Riefky Harsya.

Turut hadir dalam rapat, Ketua DPD Demokrat Maluku Elwen Roy Pattiasina, Ketua DPC Demokrat Kabupaten MBD Amstrong Loupatty dan Sekretarisnya, Jefry Knatwera.

“Berdasarkan hasil pertemuan yang dilakukan bersama DPP, akhirnya diputuskan untuk memberikan rekomendasi diberikan kepada Benyamin Thomas Noach dan Agustinus Kilikily,” kata Ketua DPD Partai Demokrat Maluku, Elwen Roy Pattiasina, saat dihubungi tim Tabaos , melalui telepon selulernya.

Baca Juga  Cerita Lansia di Kota Ambon Saat Harus Mencoblos Lima Surat Suara

Lanjut Pattiasina, pertimbangan DPP untuk merekomendasikan Noach- Kilikily karena tingkat elektabilitas pasangan ini tinggi.

“Mereka punya hasil surveinya tertinggi dari semua bakal calon, sehingga hal itu menjadi pertim­bangan utama oleh DPP,” jelasnya.

Selain itu pertimbangan lainnya, kata Ketua Fraksi Demokrat DPRD Provinsi Maluku ini, Agustinus Kilikily telah menyatakan diri untuk bergabung dengan Partai Demokrat.

“Jadi pak Agustinus sudah menyatakan diri untuk bergabung dengan Partai Demokrat, setelah ia mengundurkan diri dari PNS nantinya,” kata Pattiasina.

Pattiasina menegaskan, DPD Partai Demokrat Maluku bersama DPC Partai Demokrat Kabupaten MBD siap mengamankan keputu­san DPP untuk memenangkan pasangan BTN-ARI.

“Kita akan bekerja semaksimal mungkin dengan menggerakan seluruh infrastruktur partai untuk memenangkan pasangan ini di Pilkada MBD nantinya,” tandasnya.

Pasangan BTN-ARI semakin kuat, setelah mendapat dukungan dari Demokrat. Sebelumnya PDIP, Nasdem, Hanura yang masing-masing memiliki tiga kursi, dan PKPI dua kursi sudah lebih dulu memberikan rekomendasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here