Difabel di SBT Tak Diperhatikan

0
193

TABAOS. ID , – Penyandang disabilitas di Kabupaten Seram Bagian Timur terkucil dan tidak diperhatikan, pertanda bahwa Pemda SBT tidak adil dalam memperlakukan masyarakatnya. Mestinya Pemda mengedepankan asas keadilan, kesetaraan, dan persamaan dalam kehidupan sosial.

Pemerhati sosial kemasyarakatan SBT, Ferdy Suwakul, ditemui di kediamannya, senin (18/2), menjelaskan,  Pemda harus memiliki database tentang penyebaran difabel di Kabupaten Seram Bagian Timur.

Pemerintah Daerah mestinya sudah harus membentuk suatu kelompok kreatif untuk membantu teman-teman kita yang berkategori difabel. Dalam kelompok kreatif itu, para difabel nantinya diajarkan untuk memiliki keahlian khusus sehingga mereka tidak merasa tersisih ataupun merasa berbeda dengan anak normal lainnya.

” Jika tidak dilakukan hal tersebut maka secara tidak langsung Pemda SBT tidak punya kepedulian atau dengan sengaja mendiskriminasikan para difabel.” Kata dia

Mantan ketua LMND Maluku ini menambahkan, Pemerintah daerah sudah harus mengkaji regulasi mana yang harus dipakai sebagai pintu masuk dalam penetapan Anggaran Khusus didalam Alokasi Anggaran Pendapatan  dan Belanja Daerah, diprioritaskan khusus buat penanganan penyandang disabilitas maupun penyakit-penyakit lainnya yang saat ini bersarang di Kabupaten seram bagian timur.

” Bagaimana menuntaskan stunting, Bagaimana mengatasi gizi buruk sedangkan difabel dibiarkan begitu saja, padahal para difabel ini adalah icon yang apabila diperlakukan dengan semestinya, akan berdampak baik dalam kreatifitas dan prestasi bagi daerah, difabel ini adalah kekuatan besar pemerintah daerah jika dididik dan diarahkan dengan baik  akan menjadi Potensi bagi Pemerintah Daerah.” Ungkap suwakul.

Lanjut dia,  Pelukis terkenal dan hebat itu adalah para difabel bukan manusia normal,  mestinya pemerintah daerah harus belajar dari situ, mengambil contoh dari situ, terinspirasi dari situ, sehingga membentuk kelompok kreatif yang pelatihnya bisa didatangkan dari luar ataukah menggunakan jasa kelompok kreatif yang saat ini telah berada di SBT. (T07)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here