Disperindag Maluku Pastikan Bahan Pokok Cukup Selama Ramadhan

0
804
Foto: Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Poli Jamlean

TABAOS.ID, – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Maluku menjamin ketersediaan kebutuhan bahan pokok cukup selama Ramadhan, bahkan hingga Hari Raya Idul fitri 1442 Hijrah.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Poli Jamlean menjelaskan, menjelang Ramadhan hampir setiap hari pihaknya melakukan pemantauan ketersediaan kebutuhan bahan pokok di pasar.

“Kita setiap hari melakukan pemantauan harga dan stok kebutuhan di pasar maupun distributor. Bahkan pengawasan tersebut akan semakin ditingkatkan dan diperluas lokasi monitoring jelang lebaran nanti,”kata Jamlean kepada wartawan di Kantor Disperindag Maluku, Selasa (6/4/2021).

Menurut Jamlean, untuk mengantisipasi dan menjaga kelancaran ketersediaan bahan pokok dan pengendalian harga, pihaknya kemarin melakukan rakor melibatkan kepala Disperindag di 11 kab/kota maupun stakeholder terkait, dimana hasil laporannya menunjukan jika semua tersedia dalam jumlah yang cukup untuk penuhi permintaan masyarakat.

Jamlean menjelaskan proses distribusi kebutuhan pokok ke Maluku saat ini sangat terbantu dengan adanya tol laut yang menjangkau daerah terpencil di beberapa kabupaten di Maluku, dibantu dengan distribusi dari Ambon menggunakan kapal perintis Sabuk Nusantara.

Sehingga selain mengangkut penumpang, tetapi juga kebutuhan pokok dan menyinggahi kabupaten Seram Bagian Timur, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Kabupaten Maluku Tenggara hingga Kabupaten Maluku Barat Daya.

“Jadi sinergitas transportasi tetap kita upayakan, selain tol laut yang langsung dari Surabaya, Jawa Timur tetapi juga distribusi dari Ambon ke Kabupaten/Kota lainnya,”ungkapnya.

(T-07)

Baca Juga  Dewan Pers Kecam Pelaku Kekerasan dan Penghalangan Kerja Jurnalis