Doni Monardo, Jenderal Inspiratif

0
402
Penulis dengan Letjen. TNI. Doni Monardo

Oleh: M. Ikhsan Tualeka

Bagi yang pernah kenal atau ada dalam persentuhan gagasan dan aktivitas bersama beliau, pasti akan tau bagaimana pemikiran dan visi beliau dalam melihat dan memaknai berbagai realitas. 

Satu hal yang mungkin saja paling berbeda dengan banyak pejabat militer lainnya adalah bagaimana Ia mau memahami dan menjalankan pemajuan kualitas keamanan dengan atau melalui pendekatan kesejahteraan. Ini sangat terlihat dan dirasakan waktu beliau menjadi Pangdam Pattimura, dengan menggulirkan Program Emas Biru dan Emas Hijau.

Perhatian yang besar pun ditunjukan pada isu-isu lingkungan. Ini terlihat betul saat menjadi Pangdam Siliwangi, yaitu dengan menggagas program Citarum Harum, program itu kini progresnya sangat meyakinkan, sehingga Citarum yang pernah menjadi sungai terkotor di dunia itu mulai bersih dan dikembalikan pada fungsinya.

Pernah dalam satu kesempatan, Beta Kreatif akan bikin Festival Jembatan Merah Putih di Ambon, dan salah satu yang akan ditampilkan dalam festival itu adalah pesta balon, di mana ribuan balon akan dilepaskan secara bersamaan di atas jembatan, sehingga akan menjadi objek foto yang menarik, beliau menyarankan untuk ditiadakan saja, karena bagaimanapun balon-balon itu akan jatuh ke bumi, ke laut dan tentu akan menjadi polusi.

Satu pandangan yang menegaskan bahwa kreatifitas pun wajib melihat dan mempertimbangkan aspek keberlanjutan dan pelestarian lingkungan. Sungguh pandangan dan visi yang jauh kedepan.

Belakangan setelah menjabat Sesjen Wantannas RI pun sejumlah agenda dan kegiatan dilaksanakan, antara lain dalam mempertegas perdamaian di Maluku, lewat Sarasehan Nasional dan penerbitan buku, serta ikut memperkuat integrasi sosial dan nasional di Papua, melalui sejumlah kunjungan dan pertemuan lintas tokoh. Langkah-langkah yang terukur dan manifestasi dalam melihat Indonesia yang lebih baik.

Baca Juga  Literasi Media di Era 4.0

Kini terdengar kabar beliau akan dilantik sebagai Kepala BNPB yang baru, undangan telah beredar, tapi agenda ditunda, belum tau hingga kapan. Saya yakin, ditugaskan di mana pun oleh negara beliau akan mengembannya dengan sungguh-sungguh dan penuh totalitas. Walaupun dihati kecil saya menginginkan beliau tetap ada dalam karier militer hingga di level tertinggi. Sukses selalu ‘jenderal inspiratif’, karya dan dedikasimu nyata.

Penulis adalah Direktur Beta Kreatif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here