Gunakan Jetski Kapolda Menuju Tual dan Wilayah Terluar

0
359

TABAOS.ID,- Gunakan Jetski Kapolda Menuju Tual dan Wilayah TerluaDi atas sebuah jetski Kapolda Maluku Irjen Pol Royke Lumowa melakukan perjalanan jarak jauh selama 7 jam dari Banda Naira ke Kota Tual. Kapolda tiba di pelabuhan Yos Sudarso, Kota Tual tepat pukul pukul 14.57 WIT, Selasa (26/11).

Namun Irjen Royke tak sendiri, dia dikawal 2 unit kapal patroli Polairud Polda Maluku. Tiba di pelabuhan, jenderal polisi bintang dua itu disambut tarian adat Kei serta kalungan bunga.

Usai prosesi penyambutan dan makan siang kepada wartawan Irjen Royke mengatakan perjalanan laut dengan moda transportasi berpenumpang tunggal dan berukuran mini tersebut punya tujuan yang jelas.

Selain patroli perairan, dia juga ingin menumbuhkan kesadaran kepada anggotanya bahwa wilayah Maluku yang terdiri dari 93 persen laut ini harus dijaga sebagai sumber kehidupan dan penghasilan bagi masyarakat.

“Laut Banda adalah yang terdalam di dunia, 12 kilometer loh, makanya kita harus mencintai dan menjaga laut kita,” ingatnya.

Dengan mencintai laut, kata Irjen Royke, kelestarian laut akan lebih terjaga demi anak cucu kedepan. Dan hal yang paling sederhana yang bisa dilakukan adalah menyentuh laut dengan aktifitas, baik itu berenang, menyelam, snorkeling atau berlayar dengan kapal dan sebagainya.

“Kalo berlayar dengan kapal ke Tual atau dengan kapal Pelni saya sudah pernah, kali ini saya pingin pake kendaraan yang spektakuler tapi cepat sampai yaitu dengan jet sky,” ujar

Sebelum memutuskan melakukan patroli laut guna menyambangi masyarakat di pulau terluar Maluku, Royke mengaku dimulai dengan rute jarak pendek yaitu mengellilingi pulau Ambon lalu ke Kecamatan Banda Naira Kabupaten Maluku Tengah.

Dia menambahkan, setelah Kota Tual, rute berikut yang akan ditempuh dengan menggunakan jet ski adalah pulau Kur masih Kota Tual, kemudian Kabupaten Kepulauan Tanimbar, pulau Moa dan Wetar Kabupaten MBD yang berbatasan dengan negara Timor Leste, sebelum kembali ke pulau Moa lagi untuk selanjutnya terbang dengan pesawat komersil kembali ke Ambon.

Baca Juga  Polres SBB Intens Pantau Penambang Liar Cinabar di Iha

“Jadi sesuai jadwal besok saya akan melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Maluku Tenggara Barat,” akui Irjen Pol Royke Lumowa.(T02)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here