Hari ini, Satu Lagi Walang Literasi Diresmikan

0
276
Direktur Beta Kreatif Ikhsan Tualeka dan Koordinator Walang Inspirasi (Beta Kreatif Network) Amas Hitimala.

TABAOS.ID,- Sebagai bagian dari program dan upaya meningkatkan budaya literasi di Maluku, hari ini (13/1) Beta Kreatif kembali meresmikan satu lagi Walang Literasi. Kali ini di Gunung Malintang, Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon.

“Hari ini yang diresmikan adalah rumah baca yang telah berdiri atas prakarsa pemuda setempat. Mereka namakan Walang Inspirasi. Inisiatif yang bagus ini masuk dalam program Beta Kreatif ‘Obsesi 1000 Walang Literasi’, yaitu sebuah upaya untuk membentuk rumah baca di setiap desa atau negeri di Maluku”, jelas Direktur Beta Kreatif, Ikhsan Tualeka.

Menurutnya, program atau ‘obsesi’ ini mendapat respon yang positif dari berbagai komunitas muda atau milenials. Itu ditunjukan dengan dibukanya sejumlah tempat literasi, menandai progres positif dari langkah dan upaya ini. Apa yang dilakukan oleh komunitas muda di Gunung Malintang dengan membuka ‘Walang Inspirasi’ adalah upaya positif yang wajib didukung.

“Setelah Ambon Creative Library (Amcrely), Rumah Baca Fedak Fena dan Rumah Baca Al-Maun di lingkungan IAIN Ambon. Hari ini Walang Baca Inspirasi di Gunung Malintang. Ini semua tentu menjadi bagian penting dari obsesi seribu (1000) rumah baca atau walang literasi di Maluku’, urai Ikhsan.

Dijelaskan, awal tahun 2019 ini, sudah puluhan titik yang siap dibuka. Bentuk upaya serius masyarakat sipil dalam memajukan kualitas sumber daya manusia orang Maluku, melalui pendekatan literasi. Dukungan semua pihak sangat diperlukan. Siapa pun bisa ikut dalam gerakan sosial ini, dan bergabung dengan Beta Kreatif Network.

“Ini adalah langkah kecil tapi pengaruhnya signifikan bila mendapat dukungan semua pihak. Karena merupakan kerja kolektif, siapa pun bisa ikut dalam gerakan ini, bergabung dalam obsesi membuka seribu (1000) rumah baca atau walang literasi di Maluku, dengan menyumbang buku”, ungkapnya.

Baca Juga  PPM_95DJAKARTA Berbagi Kasih Bersama Korban Gempa Di Ambon dan Maluku Tengah

Dalam Program Obsesi 1000 Walang Literasi, masyarakat dapat berpartisipasi dengan mengirimkan buku-buku melalui Ambon Creative Library, yang berada di Gong Perdamaian Ambon, Pukul 16.00-21.00 WIT atau di Beta Kreatif, Jl. Sam Ratulangi No.39, Lt.2, Ambon. HP. 085243576679.

Dalam kesempatan itu, Koordinator Walang Inspirasi Gunung Malintang, Amas Hitimala dalam sambutannya mengaku senang berkolaborasi dan membangun networking dengan Beta Kreatif. Tidak hanya soal pengadaan buku, tapi juga dalam upaya lainnya seperti mengadakan diskusi rutin dan dan kegiatan bedah buku.

“Kami senang, Beta Kreatif mau ikut mengembangkan dan membuka rumah baca di berbagai tempat di Maluku, temasuk di Gunung Malintang ini. Kedepan tentu banyak hal yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan budaya literasi di Maluku”, jelasnya tadi.

Seperti yang pernah diberitakan tabaos.id, rencananya dalam waktu dekat ini akan dibuka 20 Rumah Pintar Nelayan di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT). Guna mendukung obsesi 1000 Walang Literasi ini, yang punya inisiatif bisa langsung memulai, nama tempat atau rumah bacanya bisa apa saja, Beta Kreatif akan mendukung dan membantu pengembangannya.(T03)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here