Heboh Ikan Bermotif Aneh, Ini Jawabannya

0
1733
Foto ikan bermotif aneh di Seram Bagian Barat (Sumber foto: Rakyat Maluku)

TABAOS.ID,- Masyarakat Maluku kembali heboh atas temuan biota laut yang ‘aneh’. Sedang berada dalam suasana gempa susulan dan minimnya literasi bisa saja membuat orang jadi irasional dan lebih percaya pada tahayul.

Sebelumnya masyarakat Kota Ambon heboh karena ditemukannya gurita berselendang, membuat warga penasaran dan berbondong-bondong datang melihat. Apalagi ada banyak cerita dan bumbu misteri yang turut melatari temuan itu.

Padahal itu spesies gurita biasa. Namanya memang Gurita Berselendang atau Tremoctopus Violaceus. Sejumlah publikasi juga menyebut gurita berselendang sebagai gurita berselimut atau Blanket Octopus.

Kini warga kembali heboh, dengan ditemukannya ikan bermotif tulisan atau bertato di Kabupaten Seram Bagian Barat, Provinsi Maluku (21/10). Apalagi susunan huruf terbalik di badan ikan itu mirip tulisan nama satu tempat. Menjadikan masyarakat berada dalam kesimpulan beragam, yang lagi-lagi telihat lebih irasional.

Lantas ini fenomena apa? Sebenarnya ini hanya gejala alam biasa, yang terjadi juga karena ulah manusia, yang kerap membuang sampah ke laut. Besar kemungkinan jenis ikan yang tak bersisik itu, terperangkap atau terbungkus lembaran kertas, surat kabar atau kain bermotif yang terbuang di lautan.

Menempelnya kain atau kertas serta permukaan kulit ikan yang tak bersisik dan agak berlendir itu memudahkan tulisan atau pola di kain atau kertas dengan mudah berpindah ke kulit ikan. Jadi bukan hal aneh, apalagi sampai dihubungkan dengan tanda-tanda atau kode alam, sehingga warga semakin takut.

Sebenarnya fenomena ini juga pernah ditemukan dua tahun lalu oleh sekelompok nelayan di Filipina. Penampakan motif dan pola-pola aneh disekujur tubuh ikan yang tertangkap di Provinsi Misamis Occidental Filipina itu juga menimbulkan kehebohan warga setempat.

Baca Juga  Isu Gempa Dan Tsunami, Warga Pulau Buru Kembali Naik Gunung

Beritanya juga spontan menyebar, orang-orang langsung mengabadikan gambarnya, dan mengungahnya di media sosial. Foto ikan itu pertama kali diunggah di jejaring sosial Facebook dan memicu perdebatan antar warganet, karena ada coretan mirip tato disekujur kulit ikan.

Nelayan yang berhasil menangkapnya juga amat terkejut ketika menyadari ada yang aneh dengan ikan hasil tangkapannya. Ikan yang ditangkap itu adalah dari jenis ikan Pelagis, yaitu ikan yang habitatnya dekat dipermukaan laut.

Ikan bertato yang ditemukan nelayan di Provinsi Misamis Occidental, Filipina.

Jadi, darimana asal tato ikan? Indocropcirles mencoba mengamati dan menelitinya dengan cara memutar balik gambar tato yang ada pada kulit ikan. Ternyata tato tersebut adalah sebuah merk celana jeans.

Merk apa jeans itu belum dapat diketahui, karena yang tampak hanyalah bacaan yang tidak begitu jelas terlihat, yaitu **E JEANS. Tulisan itu terdapat persis dibawah sebuah logo berbentuk perisai polos, dengan mahkota diatasnya.

Tato atau gambar pada ikan itu setelah fotonya dibalik, tampak tulisan “JEANS” pada motif di kulit ikan, yang kemungkinan terbentuk akibat tertempel kain dalam waktu yang lama. Sehingga kemungkinan besar ikan jenis Pelagis ini bisa memiliki tato di badannya itu karena kulit ikan terbungkus oleh sebuah kain yang bermotif tersebut, mungkin sejenis celana jeans.

Karena ikan jenis Pelagis ini tidak memiliki sisik, maka dengan tertempelnya kain bermotif tersebut ke sisik ikan dalam waktu lama, maka terciptalah motif celana jeans pada kulit ikan yang tertangkap itu.

Artinya, ini fenomena alam biasa. Mungkin hikmah atau pelajaran yang mesti kita ambil adalah, ternyata alam sudah semakin rusak, laut kita yang indah sudah semakin tercemar. Sudah saatnya kita lebih peduli, karena alam ini bukan hanya tempat bagi kita, tapi bakal jadi hunian bagi generasi selanjutnya. Stop Buang Sampah di Laut!

  • Penulis: Ikhsan Tualeka 
  • Sumber: IndoCropCircles.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here