Ibu Inspiratif, Limbah Plastik Dijadikan Kreasi

0
283
Ibu Moses Soulissa, mengolah limbah plastik jadi kreasi.

TABAOS.ID,- Kualitas lingkungan yang semakin menurun dan rusak, khususnya akibat sampah plastik mendorong berbagai inisiatif warga. Diantaranya adalah inisitaf yang dilakukan oleh Ibu Moses Soulissa dari Persit Kodim 1507 Saumlaki, Maluku Tenggara Barat.

Memanfaatkan sampah plastik rumah tangga, berbagai kreativitas dilakukan. Salah satu cara kreatif adalah dengan mengola bahan limbah botol plastik menggunakan alat-alat sederhana seperti gunting, lem, cat warna sehingga menghasilkan hiasan rumah yang indah dan menarik.

“Kami berinisiatif untuk melakukan kreasi daur ulang sampah plastik ini karena melihat makin hari sampah plastik semakin banyak dan tentu merusak lingkungan. Informasi yang kami dapatkan dari berbagai media menyebutkan butuh waktu ratusan tahun untuk plastik diurai oleh alam”, jelas Ibu Soulissa saat di temui tabaos.id baru-baru ini.

Ia mengakui kalau apa yang dilakukannya memang belum seberapa besar untuk turut menanggulangi sampah atau limbah plastik, tapi bila upaya ini mau dilakukan secara bersama-sama dan seluas mungkin kalangan masyarakat, pasti punya pengaruh yang besar.

Apa yang dilakukan Ibu Soulissa tentu dapat menjadi inspirasi dan ide yang bagus untuk para ibu rumah tangga. Selain dapat memberikan kontribusi kepada pelesetarian lingkungan, hasil hasil kreativitas ini bisa dijual guna menambah penghasilan rumah tangga.

Misalnya, beberapa botol plastik limbah minuman kemasan dapat diolah menjadi hiasan lampu, bunga imitasi dan kreasi lain yang bisa ikut menghiasi ruang tamu atau sebagai pelengkap ornament rumah.

Ibu Soulissa merupakan salah satu pengurus di Persit Kodim 1507. Telah banyak kreasi yang dibuat oleh ibu 4 anak ini. Selain kreativitas dari limbah plastik, Ia juga membuat jajanan kripik pisang berbagai rasa sebagai bisnis rumahan.

Baca Juga  Nelayan Negeri Makariki, Maluku Tengah Tewas Diterkam Buaya

Halaman rumahnya pun dijadikan sebagai apotik hidup dengan menanam sejumlah tanaman yang dapat dimanfaatkan sebagai obat-obatan tradisional, seperti jahe, lengkuas, temu lawak, kunyit, daun pandan dan lainnya. Sosok Ibu Soulissa bisa jadi inspirasi bagi ibu-ibu masa kini.(T08)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here