Ina Latu Maluku Mengajar, Berbagi Inspirasi dan Memotivasi Pelajar

0
1465

TABAOS.ID,- Ada yang menarik dari aktivitas Widya Pratiwi Murad, Ina Latu Maluku saat berkunjung dan membuka Turnamen Bola Voli Ina Latu Maluku Cup (INAMAC) 2021, Bulan Maret lalu. Yakni menyempatkan diri berkunjung ke sekolah.

Adapun sekolah yang dikunjungi (21/03) adalah SMP Negeri 1 Pulau Haruku, yang ada dì Negeri Pelauw, Kabupaten Maluku Tengah. Kegiatan ini bertajuk Ina Latu Maluku Mengajar.

Tapi bukan mengajar yang seperti biasa. Widya justru memanfaatkan kesempatan ini untuk berbagi inspirasi dan mendorong anak-anak didik lebih percaya diri dan termotivasi menggapai cita-cita.

Di ruang kelas yang diisi separuh dari jumlah kapasitas karena masih di masa Pandemi Covid-19 itu, Ina Latu Maluku memulai pertemuan dengan menyapa para siswa. Menceritakan beberapa aktivitasnya, dan mengajak anak-anak untuk lebih bersemangat.

Widya juga mengajukan beberapa pertanyaan untuk melihat sejauh mana keberanian siswa dalam menjawab atau tampil didepan umum. Awalnya siswa terlihat masih canggung dan malu-malu, tapi setelah suasana coba dicairkan, anak-anak mulai mengacungkan tangan menjawab berbagai pertanyaan yang diajukan.

Sebelum menjawab pertanyaan, Widya meminta siswa memperkenalkan diri, sedikit latar belakang keluarga, juga cita-citanya. Yang menjawab dan tampil baik, langsung diganjar dengan hadiah. Widya memang sengaja membawa hadiah kecil kepada pada para siswa.

Anak-anak terlihat senang, dan makin berani untuk tampil. Yang tadinya merasa enggan, mulai mau berdiri dan berbicara, suasana jadi hidup dan dinamis.

Di penghujung pertemuan, Widya berpesan agar anak-anak selain rajin belajar, juga harus rajin beribadah dan berdoa. “Ibu mengharapkan anak-anak semua harus selalu rajin belajar, tapi juga rajin beribadah dan berdoa”, pesan Ina Latu Maluku.

Kepada tabaos.id yang ikut dalam kegiatan siang itu, Widya katakan bahwa ini menjadi salah satu agenda yang sengaja disiapkan bila sedang melakukan kunjungan ke daerah-daerah. Anak-anak harus terus dimotivasi untuk maju, karena mereka adalah aset bangsa.

“Saya memang merencanakan agar setiap berkunjung, menyapa anak-anak, baik secara informal di lokasi kegiatan bila ada anak-anak yang hadir, maupun secara formal datang langsung ke sekolah seperti ini, berbagi motivasi dan inspirasi”, jelas Ketua TP PKK Provinsi Maluku ini.

Reporter: M. Hamdani      
Editor: San Malona