Jurnalis TABAOS.ID Lolos Seleksi Program Fellowship Investigasi Bersama TEMPO

0
171
Belseran Christ, Jurnalis tabaos.id

TABAOS.ID,- setelah melalui proses seleksi selama 4 (empat) bulan sejak dibuka pendaftaran, jurnalis tabaos.id, Belseran Christ akhirnya dinyatakan lolos seleksi program fellowship INVESTIGASI BERSAMA TEMPO 2019.

“Saya bersyukur lolos seleksi FELLOWSHIP INVESTIGASI BERSAMA TEMPO 2019. Karena dengan ini saya bisa banyak belajar jurnalistik investigasi dari Tempo, salah satu media yang kita tahu sudah sangat berpengalaman soal investigasi,” kata Belseran, Minggu, (7/7/2019).

Belseran akan mengikuti proses capacity building berupa workshop dan pelatihan Jurnalisme Investigasi secara intensif pada 15-19 Juli 2019 di Kantor Tempo, Jakarta. Dari 118 proposal, hanya 14 orang yang masuk nominasi. Setelah mengikuti program ini, Belseran berharap dapat menjalankan liputan investigasi sesuai judul proposal yang ia tawarkan.

“Saya harap bisa melakukan liputan investigasi yang telah saya ajukan bersama tim Tempo di Maluku. Namun seperti apa liputannya, akan kita liat nanti,” ujar Belseran.

Seleksi ini dibuka sejak awal Maret lalu, dan resmi ditutup pada 25 Juni 2019. Prosesnya melewati tiga tahap sejak 26 Juni – 1 Juli. Baik seleksi internal oleh Tempo Institute, seleksi bersama lembaga civil society (MigrantCare, Auriga Nusantara, Indonesia Corruption Watch, Kemitraan, Seknas Fitra, LBH Pers dan GreenPeace), dan seleksi bersama Redaksi Tempo.

Nantinya, para calon penerima fellowship akan mempelajari tentang teknik liputan, wawancara, teknik mengejar narasumber dan mengolah data investigasi. Mereka juga akan mempertajam proposalnya dibawah bimbingan mentor. Diakhir pelatihan, peserta akan mempresentasikan materi/usulan liputan investigasi mereka di hadapan Rapat Redaksi Tempo. Dari presentasi pada Rapat Redaksi akan dipilih sejumlah nama yang dinilai layak melakukan investigasi usulannya dan hasilnya akan dipublikasikan.

Program INVESTIGASI BERSAMA TEMPO adalah kegiatan liputan investigasi terhadap berbagai persoalan yang dilakukan sejumlah jurnalis dari berbagai media bersama Tempo. Kegiatan ini melibatkan para jurnalis, penulis blog, dan wartawan freelancer. Program ini merupakan inisiatif TEMPO INSTITUTE bersama Free Press Unlimited (FPU) dari Belanda yang selama ini memiliki perhatian besar pada isu kebebasan pers dan profesionalisme jurnalistik.

Baca Juga  Buaya Raksasa Hampir 5 Meter Ditangkap Warga Seram Timur

Investigasi bersama Tempo ini diharapkan mampu memotivasi jurnalis untuk menghadirkan lebih banyak liputan investigatif pada sektor yang terkait kepentingan publik. Program peningkatan jurnalisme investigasi ini juga melibatkan sejumlah pemangku kepentingan dan aktivis di sejumlah sektor.

Program berlangsung selama 6 bulan dalam arahan dan mentoring jurnalis Tempo yang telah berpengalaman melakukan liputan investigasi. Para peserta akan melakukan proses magang dan terlibat dalam mekanisme kerja jurnalisme investigatif di Tempo. Selanjutnya hasil liputan investigasi para fellow akan diterbitkan di berbagai outlet Tempo, serta di media asal para jurnalis.

Sementara itu, Founder dan Pimpinan Umum tabaos.id M. Ikhsan Tualeka mengapresiasi lolosnya Belseran. Menurutnya, selain menunjukan jurnalis tabaos.id mumpuni, keikutsertaan dalam kegiatan ini dapat meningkatkan kapasitas, memperluas networking dan upaya untuk mengungkap berbagai kasus yang ada di Maluku sesuai dengan proposal yang ditawarkan jurnalis tabaos.id. Ini juga dapat memotivasi jurnalis lainnya di Maluku untuk terus berkarya. (T04)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here