Kantor PT. Telkom Grup Ambon Terbakar, Jaringan Komunikasi di Maluku lumpuh

0
229
seorang petugas Pemadam kebakaran Kota Ambon, mencoba memadamklan api di salah satu gedung PT. Telkom (Persero) Ambon, Selasa pagi (5/2/2019)

TABAOS.ID,- Kebakaran hebat melanda gedung perkantoran  PT. Telekomunikasi Indonesia (Persero) Ambon, Selasa (5/2/2019) sekira pukul 09.50 WIT. Kebakaran itu membakar sebuah gedung penyimpanan peralatan. Sejumlah alat server milik PT. Telkom dan Telkomsel  terbakar.

Pantauan tabaos.id di lokasi kebakaran, kobaran api terus membesar dan  merambat membakar gedung  PT. Telekomunikasi Indonesia (Telkom) Ambon yang berada di jalan Pattimura Ambon.

Kebakaran tersebut merambat dan menghanguskan bagian belakang gedung kantor, yang diduga merupakan tempat penyimpanan  peralatan dan ruangan Server.

salah satu ruangan peralatan (server) Sentral Telepon Otomat (STO) PT.Telkom (Persero) Ambon yang hangus terbakar dilalap si jago merah, Selasa pagi (5/2/2019)

Untuk memadamkan kobaran api, belasan mobil pemadam kebakaran milik pemerintah kota ambon langsung dikerahkan ke lokasi kejadian.

Petugas kemudian berusaha memadamkan kobaran api untuk mencegah agar seluruh bangunan kantor itu tidak terbakar.

Hingga kini belum ada keterangan resmi dari pihak setempat maupun aparat kepolisian  penyebab kebakaran tersebut, namun dugaan sementara kebakaran tersebut diduga berasal dari hubungan arus pendek listrik.

Walikota Ambon, Richard Lounenapessy yang memantau langsung kebakaran tersebut di lokasi kejadian mengaku belum mendapatkan penjelasan dari pihak Telkom terkait penyebab kebakaran tersebut.

Sementara itu, akibat kebakaran tersebut, warga di kota ambon yang menggunakan jasa Telkomsel maupun jasa Telkom hingga kini tidak bisa mengakses internet termasuk juga melakukan komunikasi via telepon.

Jaringan lumpuh total di Maluku, Managemen Telkom Grup minta maaf

Meski belum memberikan keterangan langsung terhadap peristiwa kebakakn yang terjadi maupun gangguan jaringan di maluku hingga kini, namun untuk manajemen PT.Telkom Grup hanya memberikan pernyataan berupa rilis kepada masyarakat Maluku, khususnya kota Ambon.

Baca Juga  Lagi, BKSDA Maluku Lepasliarkan Tiga ekor Rusa ke Hutan Seram

Menanggapi keluhan masyarakat Maluku khususnya Kota Ambon terkait gangguan jaringan komunikasi baik suara maupun data termasuk layanan mobile milik Telkomsel, Managemen PT.Telkom Indonesia Tbk (Telkom) menyampaikan permohonan maaf atas gangguan jaringan selama beberapa jam, terhitung setelah terjadi kebakaran pukul 10.30, selasa (5/2/2018).

Permohonan maaf tersebut disampaikan Vise President Corporate Comunication Telkom, Arief Prabowo di Jakarta.

“Atas nama Manajemen Telkom, kami menyampaikan permohonan maaf kepada para pelanggan khususnya dan masyarakat Kota Ambon dan sekitarnya atas ketidaknyamanan ini,” Kata Arif Prabowo melalui rilisnya

Arif juga menyampaikan terima kasih terhadap berbagai pihak yang telah memulihkan  peristiwa kebakaran tersebut “ kepada pelanggan yang senantiasa setia pada layanan TelkomGrup, Telko terus berupaya memberikan layanan terbaik bagi pelanggan dan masyarakat di Maluku,khususnya Ambon,”Tambah Arif

Akibat peristiwa tersebut, layanan Telekomunikasi TelkomGrup baik suara mauupun data termasuk layanan mobil milik Telkomsel, dari dan menuju Kota Ambon dan sekitarnya terganggu.

“untuk diketahui layanan sudah berangsur pulih mulai pukul 16.12 WIT seiring dihidupkannya kemabali catuan dan perangkat-perangkat Telekomunikasi. Untuk mengantisipasi pemulihan performasi layanan secara keseluruhan, Telkom telah memberangkatkan tim teknis gabungan baik dari Jakarta, Surabaya, maupun Makassar,” Tutur Arif.

Sementara untuk menanggapi alasan gangguan jaringan, Arif pun mengaku catuan listrik untuk perangkat telekomunikasi di lokasi tersebut terpaksa dipadamkan menghindari kerugian yang lebih besar. (T05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here