KANWIL KEMENAG Intensifkan Program Safari Jumat Di Maluku

0
115

TABAOS.ID,- Sebagai wujud implementasi program 100 kerja yakni Meningkatkan Kualitas Pemahaman dan Implementasi Nilai Ajaran Agama maka Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku, H. Jamaludin Bugis, S.Ag, terus mengintensifkan program Safari Jum’at.

Implementasi dari program ini, dilakukan dengan melibatkan aparatur atau jajaran Kementerian Agama tampil sebagai khatib atau penceramah saat Shalat Jum’at di Masjid.

Demikian, disampaikan Ka. Kanwil Kemenag Provinsi Maluku, H. Jamaludin Bugis, S.Ag, saat memimpin khutbah Jum’at di Masjid Negeri Hitu, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Jum’at, (7/8).

Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku H. Jamaludin Bugis, S.Ag, dalam khutbahnya mengajak masyarakat terus memakmurkan Masjid. Ibadah shalat secara berjamaah memiliki nilai, selain mendekatkan diri kepada Allah SWT, Shalat merupakan wujud dari ketakwaan manusia sebagai hamba kepada sang pencipta.

“Shalat merupakan sarana atau jalan menuju Allah SWT, sebagai umat yang bertakwa kita semua memiliki kewajiban yang sama melaksanakan perintah dan meninggalkan segala larangan-Nya,” ajak Ka. Kanwil.

Umat Islam harus menjaga dan menjalin silaturrahmi, persatuan antara umat beragama dan sesama umat beragama menjadi pilihan utama agar negeri ini terhindar dari perpecahan yang berujung pada konflik antar masyarakat.

“Ini perlu menjadi perhatian umat, kemajuan kehidupan umat beragama yang religius dan damai tentu menjadi cita-cita kita. Dan semua itu bisa terwujud jika masyarakat memiliki kesadaran untuk memakmurkan Masjid,” jelas Jamaludin

Sementara itu khusus kepada umat muslim di Negeri Hitu Messing dan Hitu Lama, Kakanwil mengajak agar masyarakat pada dua negeri itu senantiasa mempererat nilai-nilai keumatan, menjaga kedamaian, ketentraman, dan persatuan.

“Bagi dua negeri ini saya menaruh harap besar agar tampil menjadi cermin sebagai negeri penebar kedamaian di Maluku,” kata Jamaludin (KA.Kanwil)

Baca Juga  Gubernur Maluku Hadiri Pisah Sambut Kajati Maluku

Pada kesempatan tersebut, Kakanwil juga meminta masyarakat tidak henti-hentinya berdoa, agar Allah SWT mengangkat virus Covid-19 dan berbagai musibah bagi manusia di dunia.

“Semoga Allah SWT mengangkat virus Covid-19 ini, untuk itu kita harus ikhtiar dan jangan lupa untuk berdoa dan perkuat iman dan taqwa kepada Allah SWT,” harap kakanwil.

Untuk diketahui, Kanwil Kemenag Provinsi Maluku terus mengintensifkan program Safari Jumat, tercatat 20 masjid yang tersebar di Kecamatan Lehitu, Lehitu Barat, dan Kecamatan Salahutu. ASN Kemenag yang terdiri dari pejabat eselon III dan IV ditugaskan untuk menjadi Khatib di setiap masjid pada tingga kecamatan yang berada di wilayah Kabupaten Maluku Tengah ini dan program ini akan bergulir di setiap pekan. (CT-07)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here