KPU Kota Ambon Musnahkan 19.778 Surat Suara Rusak

0
264
Ketua KPU Kota Ambon M. Shadek Fuad, terlihat sedang melakukan pemusnahan surat suara rusak di depan Sprot Hall di kawasan Karang Panjang, Kecamatan Sirimau Ambon, Senin (15/4/2019).

TABAOS.ID,- Surat suara yang dimusnahkan merupakan surat suara yang telah rusak atau cacat, baik surat suara pemilu anggota legislatif maupun pemilu presiden dan wakil presiden.

Sebanyak sembilan belas ribu sembilan ratus tujuh puluh delapan (19.778) suara dimusnahkan oleh petugas KPU Kota Ambon. Pemusnahan belasan ribu surat suara ini dilakukan dengan cara dibakar

Pembakaran 19.778 kertas suara rusak ini digelar di depan Sprot Hall di kawasan Karang Panjang, Kecamatan Sirimau Ambon, Senin (15/4/2019).

Pembakaran ribuan kertas suara rusak itu dipimpin Ketua KPU Kota Ambon, M. Shadek Fuad, dan ketua Bawaslu kota Ambon, M. Jen Latuconsina disaksikan aparat kepolisian setempat.

“Surat suara rusak tadi sejumlah 19.778 dari lima jenis surat suara. Rusaknya karena sobek kena bercak tinta yang mengotori kolom nama dan foto pasangan calon,”kata Sadek kepada wartawan usai pemusnahan.

Menurut dia pemusnahan tersebut tidak akan menghambat persiapan pemungutan dan penghitungan suara 17 April nanti. Sebab sudah ada surat suara pengganti yang tiba di Ambon hari ini.

“Siang ini penggantinya sudah tiba di Ambon. Kita akan persiapan untuk besok untuk distribusikan,”jelasnya.

Dia mengaku ribuan surat suara yang rusak itu lebih banyak didominasi oleh kertas suara DPR RI. Dia memastikan, jumlah surat suara pengganti mencukupi kebutuhan surat suara yang akan digunakan untuk pencoblosan nanti.

“Iya, mencukupi karena laporan kekuarangan itu sesuai dengan jumlah hasil perhitungan sortir di lapangan kemudian dilaporkan berdasarkan kebutuhan di masing-masing TPS,”pungkasnya.

Selain memusnahkan ribuan surat suara rusak, KPU Kota Ambon juga ikut mendistribusikan logistik pemilu di dua Kecamatan dyakni di Kecamatan Baguala dan Sirimau. Proses distribusi logistik pemilu itu dilakukan dengan pengawasan aparat kepolisian dan Bawaslu Kota Ambon.

Baca Juga  Tingkatkan Kompetensi PTPS Kelurahan/Desa, Panwaslu Kecamatan Bula Gelar Bimtek

“Hari ini juga kita distribusukan logistik pemilu ke Kecamatan Baguala dan desa-desa di Kecamatan Sirimau,”ujarnya. (T05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here