Mengisi Kekosongan Walikota Bakal Tentukan Plh Sekot Ambon

0
251

TABAOS.ID,- Setelah Sekretaris Kota Ambon,  Anthony Gustaf Latuheru mengakhiri masa tugasnya karena memasuki masa pensiun, Walikota Ambon Richard Louhenapessy mengungkapkan akan menetapkan Pelaksana Harian (Plh).

Hal itu harus ditempuh untuk mengisi kekosongan jabatan yang akan atau sudah ditinggalkan Latuheru hari ini (Selasa 30/11-red) 

Rencana ditetapkannya Plh lantaran hingga kini Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) belum menyerahkan rekomendasi calon Sekretaris Kota Ambon yang sudah di sodorkan beberapa waktu lalu.

“Karena proses di KASN belum selesai, jadi untuk sementara Plh,” kata Richard kepada wartawan di depan gerbang Kantor Gubernur Maluku, Kota Ambon, Senin (29/11/2021).

Terkait dengan calon Plh Sekretaris Kota Ambon, Louhenapessy belum mengungkapkan hal dimasud, namun rumor yang bekembang sosok Plh yang nantinya akan menduduki jabatan strategis di Pemerintah Kota Ambon adalah sosok yang memhami tata kelola administrasi dan keuangan di lingkup Pemerintah Kota Ambon. 

Untuk diketahui, terkait dengan hasil kerja tim panitia seleksi (Pansel) Sekretaris Kota Ambon, sudah diterima pihak KASN dan kini dalam proses penelusuran berkas. Bahkan terkait hal dimaksud, diduga KASN mencium adanya aroma tidak sedap dari proses seleksi dimaksud. 

Ketua KASN Profesor Agus Pramusinto yang dikonfirmasi media ini mengungkapkan terkait dugaan kinerja tim Pansel yang akan dikaji oleh bagian komisioner terkait. 

Sementara itu, enam nama calon Sekot yang telah dikirim ke KASN dari informasi yang diterima tidak berdasarkan nilai tertinggi, tetapi sesuai urutan abjad. Artinya, nama yang dikirim sesuai abjad yaitu Agus Ririmase, Enrico Matitaputty, Fahmi Salatalohy, Joy Adriaansz, Joppie Silanno, dan Samuel Huwae. 

Dari keenam nama tersebut, KASN akan merekomendasikan tiga nama untuk nantinya dipilih oleh Walikota Ambon sebagai Sekot. 

Reporter: Edison Waas
Editor: Hamdani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here