Mulai dari Keresahan, Hingga Tercetusnya Gerakan Peduli Sampah oleh TP-PKK Maluku

0
671
Foto: Saat Widya Murad Ismail menemukan sampah berupa ban bekas di sekeliling lapangan Merdeka Ambon, Sabtu (13/02/21).

TABAOS.ID,- Membuang sampah di sembarang­an tempat, dianggap wajar dan biasa, bahkan sering kali dilakukan tanpa rasa malu dan bersalah. Hal ini tentu yang mendasari Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Widya Murad Ismail beserta jajarannya melakukan Gerakan Peduli Sampah yang berlokasi dilapangan Merdeka Kota Ambon, Sabtu (13/02/21).

Tepatnya pagi tadi jam 08.00 WIT, meski kegiatan tersebut sempat berjalan dalam kondisi hujan, akan tetapi tidak mematahkan semangat para peserta untuk tetap mengangkat sampah di sekitar area tersebut.

“Kenapa saya peduli dan kami semua peduli, sering kali weekend saya turun untuk berolahraga di sekeliling Lapangan Merdeka saya melihat banyak sekali sampah-sampah terutama sampah plastik,” kata Widya didepan para peserta yang yang hadir dalam gerak peduli sampah.

Menurut Widya, gerakan peduli sampah dilakukan agar setiap orang dapat menjaga kebersihan khususnya para pengunjung yang setiap kali melakukan aktifitas di Lapangan Merdeka Ambon.

“Saya berpikir kalau kita tidak memiliki gerakan seperti ini sampai kapan kita akan peduli lapangan merdeka yang menjadi tempat favorit kita setiap weekend, kalau sekelilingnya banyak sampah plastik yang sulit diurai bagaimana nasib kedepan kita nanti terkhususnya yang ada di Ambon ini,” imbuhnya.

Foto: Didampingi Direktur Panca Karya Rusdi Ambon (memakai Baju Merah dan masker putih) dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Maluku, Widya Murad membersihkan sampah di area sudut lapangan merdeka yang sempat di guyur hujan, Sabtu (13/02/21).

Widya menghimbau, agar setiap masyarakat yang menggunakan fasilitas serta berolahraga di Lapangan Merdeka, untuk lebih peduli akan sampah dengan tetap membuang sampah pada tempatnya.

“Itu yang menjadi semangat kenapa gerakan ini kami adakan di pagi ini, saya selaku ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Maluku beserta seluruh anggotanya menghimbau seluruh basudara mulai hari ini dan seterusnya yang selalu menggunakan fasilitas atau berolahraga di Lapangan Merdeka ini mulai sekarang peduli akan sampah,” jelasnya.

Tidak hanya itu, Lapangan Merdeka Ambon lewat inisiatif TP-PKK Maluku saat ini telah dilengkapi oleh tempat sampah yang ditaruh pada bagian ujung-ujung lapangan itu. “Kami juga sudah tempatkan beberapa tempat sampah di ujung-ujung lapangan dan sudah banyak,” bebernya.

Tak lupa, Widya mengucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran Pemerintah yang telah membantu hingga kegiatan gerakan peduli sampah dapat terlaksana.

“Kami dari Tim PKK tidak mungkin dapat bekerja sendiri, untuk itu kami berterimakasih kepada Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Maluku maupun Kota Ambon, ada kasat Pol-PP juga serta pengelola Lapangan Merdeka Ambon, Bapak Direktur Panca Karya beserta jajarannya yang juga luar biasa pagi-pagi ini boleh bersama kami hadir dalam kegiatan ini,” paparnya.

Ia juga menghimbau, agar para penjual dapat menyediakan tempat sampah serta mensosialisasikan untuk setiap pembeli agar lapangan merdeka tetap bersih dari sampah yang sering kali mengotori wilayah itu.

“Dan satu lagi himbauan saya untuk para penjual yang ada disekeliling lapangan merdeka sudah dijadikan satu tempat khusus untuk bapak ibu berjualan disini, untuk itu wajib hukumnya untuk menyediakan tempat sampah dan ikut mensosialisasikan setiap pembeli yang belanja di warung-warungnya agar setelah minum, sampahnya harus dapat dibuang ditempat sampah,” tambah dia

Widya optimis, Masyarakat Maluku akan lebih peka dan peduli terhadap sampah. “Saya rasa ini energi positif yang sangat luar biasa di pagi hari ini dan saya sangat yakin mulai hari ini kita semua peduli sampah,” tandasnya

(T-07)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here