Negeri Rutong Berinovasi, Lompatan Digital Sebagai Negeri smart village

0
439
Foto: Resa Valdo Maspaitella. Raja Negeri Rutong.

TABAOS.ID, – Negeri Rutong, Kecamatan Leitimur Selatan Kota Ambon kembali berinovasi dengan mencanagkan Negeri Rutong sebagai smart vilage. Hal ini ditandai dengan peluncuran soft-launch platform digital rutong.id, dengan konten mengutamakan tradisi adat dan budaya sebagai instrumen untuk memajukan ekonomi masyarakat berbasis teknologi digital.

Tidak hanya itu, dengan kekayaan lokal berupa pohon sagu, tentunya akan dijadikan komoditi unggulan, dan merupakan salah satu negeri dengan jumlah populasi pohon sagu terbanyak di Pulau Ambon yang dalam tuturan sejarah budaya adalah karena adanya hubungan dengan Negeri Rumahkay.

‘Rutong.id’ dibuat untuk menunjang tata kelola administrasi pemerintahan negeri yang lebih efisien,

efektif dan transparan mulai dari aspek perencanaan, eksekusi program, proses pengadaan di dalam

penyelengaraan proyek secara lelang digital dan tata kelola keuangan negeri sampai kepada tata kelola

pemberdayaan usaha masyarakat bagi peningkatan kesejahteraan dan kualitas hidup berbagai lapisan

masyarakat di negeri dengan mengutamakan nilai.budaya dan dan sumber daya local.” Demikian disampaikan Raja Negeri Rutong Resa Valdo Maspaitella dalam risisnya melalui Diskominfo Kota Ambon.

Menutut Maspaitella berkat dalm rangka Program Percepatan Pembangunan Negeri “Rutong Maju” dan Peluncuran platform digital Negeri Pintar / Smart Village

“Rutong.id”, pemerintahan Negeri Rutong dapat memberikan subangsi untuk peningakatan dan kesejahteraan masyarakat Negeri Rutong.

Sehingga baik masyarakat Rutong yang ada di Negeri tetapi yang ada diluar atau yang berdispora juga dapat berlatisipasi dalam pembangunan negeri Rutong.

(T-12)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here