Nelayan Ambon ini Minta Menteri Beri Kelonggaran untuk Menangkap Ikan di Atas 12 Mil

0
117
Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Edhy Prabowo Saat melakukan dialog dengan Nelayan di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Tantui, Ambon, Senin 31 Agustus 2020. Foto : Istimewa

TABAOS.ID,- Adalah Halid Tuasalamony, perwakilan dari kelompok nelayan di Ambon yang meminta Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Edhy Prabowo untuk mengizinkan para nelayan di Ambon melaut pada zona di atas 12 mil dari pantai.

Permintaan ini disampaikan langsung Halid saat berdialog dengan Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Edhy Prabowo di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Tantui, Ambon, Senin 31 Agustus 2020.

Diketahui, berdasarkan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan RI Nomor 71/PERMEN-KP/2016 tentang jalur penangkapan ikan dan penempatan alat penangkapan ikan di wilayah pengelolaan perikanan NKRI Pasal 23 point 2b disebutkan batas melaut kapal berukuran 10-30 GT adalah 12 mil dari garis pantai.

Bukan tanpa alasan Halid menyampaikan permintaan ini. Pasalnya diungkapkan Halid, saat ini, hasil tangkapan nelayan di Ambon berkurang drastis. “Kita ini nelayan asli Pak Menteri. Saat ini tangkapan kita berkurang, kalau boleh kita diizinkan untuk menangkap ikan diatas 12 mil,” pintanya.

Menanggapi permintaan nelayan ini, Menteri Edhy mengatakan bagi kapal-kapal nelayan berukuran dibawah 30 GT memang aturannya hanya bisa melaut dibawah 12 mil dari garis pantai.

Namun, Menteri Edhy mengaku KKP akan fleksibel terhadap keluhan nelayan di Maluku sebagaimana yang disampaikan Halid itu dengan memberikan bantuan kapal yang berukuran jauh lebih besar atau diatas 30 GT sehingga bisa melaut diatas 12 mil.

“Makanya kita siap kasi kapal yang lebih besar, yang penting orang yang bawa (bisa mengoperasikan) ada,” jawabnya.

Karena menurut Edhy, akan percuma jika KKP memberikan bantuan kapal yang berukuran besar bagi nelayan tapi orang yang mengoperasikan tidak ada.

Olehnya itu, dirinya meminta kepada Pemerintah Daerah melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Maluku untuk memberikan data nelayan-nelayan yang membutuhkan kapal berukuran diatas 30 GT agar KKP bisa berikan bantuan. (T-07)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here