Polda Maluku Gelar Deklarasi Keselamatan Berlalu-lintas, 65 Ribu Warga Ambon Banjiri Lapangan Merdeka

0
175
Suasana Kemeriahan Acara Millenial Road Safety Festival di Ambon, yang digelar Polda Maluku. Sabtu (02/03/2019)

TABAOS.ID,-Diperkirakan sekitar enam puluh lima ribu  (65.000) warga di Kota Ambon, Maluku membanjiri lapangan merdeka Ambon untuk mengikuti  deklarasi keselamatan berlalu lintas yang digelar Polda Maluku, Sabtu (2/3/2019).

Acara yang dirangkai dalam “Millenial Road Safaty Festival” (MRSF) ini, berlangsung pukul 07.00 Wit, di Ruas jalan Gong Perdamain Dunia (GPD), Ambon.

Acara ini dimulai dengan jalan santai (Colour Fun Walk) Milenial Road Safety Festival  yang dilepas oleh Kapolda Maluku dan Wakil Gubernur Maluku di depan Gong Perdamaian dunia Jalan Slamet Riyadi Kelurahan, Hunipopu Kecamatan, Sirimau Ambon.

Para peserta melakukan jalan santai dengan mengelilingi beberapa ruas jalan di kota Ambon sambil mengkampanyekan keselamatan berlalu lintas.

Kebanyakan dari Milenial Road Safety Festival ini dihadiri oleh para kaum milenial, yakni para pelajar SMP dan SMA dan Mahasiswa se-Kota Ambon. Selain itu,kaum milenial dan mahasiswa, hadir dalam acara ini juga warga kota ambon dan juga Aparat TNI-Polri yang diperkirakan menjacapi 65.000 orang

“Peserta yang hadir itu sampai 65 ribuan orang,” kata Kapolda Maluku, Irje Pol Royke Lumowa saat diwawancarai oleh sejumlah wartawan usai acara Millenial Road Safety Festival di Ambon, Sabtu (2/3/2019).

Irjen Royke mengatakan kegiatan Millenial Road Safaty Festival ini sebagai upaya pihak kepolisian untuk meminimalisir angka kecelakaan di jalan raya.

“Kalau se-Indonesia ini sekitar 30 ribu korban kecelakaan pertahun,” terang mantan Kakorlantas Polri ini.

Menurutnya, kecelakaan yang kerap kali terjadi didominasi oleh kendaraan roda dua. Bahkan, tak jarang korban kecelakaan menelan nyawa pengendaranya.

Jenderal bintang dua ini juga mengimbau agar para pengguna jalan khusunya para kaum millenial untuk tertib dalam berlalu lintas.

“Hindari pelanggaran. Karena anak-anak muda ini merupakan tulang punggung negara dimasa depan,” kata dia.

Baca Juga  18 Agustus 1945, Maluku Unrepresented atau Tidak Terwakili Dalam Pembentukan RI

Sementara itu,  Wakil Gubernur Maluku, Zeth Sahuburua mengatakan, dirinya memberikan apresiasi yang sangat positif untuk  kegiatan Millenial Road Safety Festival yang digelar di Lapangan Merdeka Ambon.

Menurutnya, angka kecelakaan belakangan memang cukup tinggi terutama memakan korban para anak-anak muda yang menjadi korban kecelakaan di jalan raya.

Ia juga mengimbau agar para pengguna jalan untuk tidak melanggar tata tertib berlalu lintas.

“Sebagai generasi muda harus memeiliki dedikasi yang baik. Harus loyal kepada bangsa, generasi muda harus loyal kepada bangsa ini karena bangsa ini adalah bangsa yang besar dan majemuk. Generasi muda tidak boleh melakukan perbuatan-perbuatan yang tercela dan dapat merugikan diri sendiri dan keluarga serta bangsa,” pinta Sahuburua.

Untuk itu dirinya menghimbau agar generasi muda untuk selalu menjaga keselamatan berlalu lintas.

“Stop pelanggaran, stop kecelakaan. Kelamatan untuk kita bersama,” ujarnya dalam tayangan video yang diputar dilokasi acara

Menurutnya, Provinsi Maluku adalah Bagian Integral dari Negara ini, karena Maluku adalah bagian dari 8 Provinsi yang melahirkan Kemerdekaan Bangsa ini.

“Saya menghimbau kepada para generasi Millenial agar berhenti melakukan Pelanggaran Lalu lintas untuk menghindari kecelakaan, karena kalian adalah Masa depan Bangsa,” tandas dia.

Kegiatan Nasional yang berlangsung di lapangan Merdeka Ambon ini mengusung tema” Mewujudkan Milenial Cinta Lalu Lintas menuju Indonesi Gemilang”. Sebagai Penanggung Jawab kegiatan tersebut adalah Polda Maluku.

Acara berskala Nasional yang diprakasai oleh Korlantas Polri dan dilaksanakan di 34 Provinsi di Indonesia adalah wujud dari Polri yang memperhatikan keselamatan berkendara di Jalan Raya.

Selain para milenial, acara ini juga dihadiri oleh Wakil Gubernur Maluku, Zeth Sahuburua, Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, Pangdam XVI/Ptm, Mayjen Marga Taupiq, Kapolda Maluku, Irjen Royke Lomuwa, Danlanud Pattimura, Danlantamal IX Ambon, Para Pejabat utama Jajaran Kodam XVI/Ptm, Para Pejabat utama (PJU) Polda Maluku, Para Forkopinda dari Provinsi Maluku dan Kota Ambon, Para anggota TNI dan Polri Jajaran Kodam XVI/Ptm dan Polda Maluku dan Para tokoh masyarakat, agama dan Pemuda kota Ambon.

Baca Juga  Polisi Tangkap Oknum Polisi Bandar Narkoba di Kudamati, Ambon

Dalam ramainya kegiatan itu, juga dilaksanakan  Pameran dan Bakti sosial kesehatan Biddokkes  Polda Maluku berupa, Pengobatan Dokter umum, Pengobatan Dokter gigi, Pemeriksaan Lab.Sederhana, Penyukuhan Kanker, dan Pemeriksaan kesehatan pisik. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Taman Pattimura Park.

Selain itu, Senam Kolosal kaka enda dan meti key juga meramaikan kegiatan serempak Korlantas Polri itu.

Keramaian kegiatan itu diisi dengan Persembahan lagu oleh Vocal Grup Polwan Polda Maluku, Persembahan Lagu oleh Komedian Nasional Tukul Arwana, Pemutaran Vidio berupa himbawan dalam keselamatan berlalu lintas, Persembahan lagu oleh Artis Kota Ambon Mitha Talahatu dan Vicky Salamor, Pemutaran Vidio Cc Tv Testimoni tentang korban Laka lantas di wilayah Polda Maluku.

Selain itu, ada juga kesaksian dan Pembacaan Puisi Jangan ada lagi seperti kami oleh salah seorang korban laka lantas atas nama Gio Pailomen yang mengalami Cacat seumur hidup.

Para peserta milineal diberi hiburan hingga berbagai hadiah yang dipersiapkan penyelenggara. Pemberian Hadiah kepada para pemenang Lomba Millenial Road Safetty.(T05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here