Polda Maluku Gelar Upacara Kemerdekaan RI Ke-74 Di Perairan Teluk Ambon

0
70
Suasana Upacara Bendera HUT Kemerdekaan RI ke-74 di Perairan Teluk Ambon yang digelar oleh Kepolisian Daerah (Polda) Maluku. pengibaran bendera merah putih ini dilakukan di atas kapal KP. Teluk Ambon XVI-3002. Foto : Usman

TABAOS.ID,- Berbagai cara dilakukan untuk merayakan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, di Ambon, Maluku Kepolisian Daerah (Polda) Maluku merayakan HUT Kemerdekaan RI ke – 74 dengan cara menggelar upacara bendera di laut teluk Ambon, sabtu (17/8/1945).

Perayaan HUT Proklamasi RI ini dilakasanakan di teluk Ambon. Acara ini langsung dipimpin oleh Kapolda Maluku, Irjen. Pol. Royke Lumowa. Sementara  bertindak komandan upacara AKBP Apeles Salety.

Kapolda Maluku, Irjen.Pol. Royke Lumowa memimpin langsung upacara bendera HUT RI ke – 74 di Perairan Teluk Ambon. ( Foto : Humas Polda Maluku)

Dari pantauan jurnalis tabaos.id di lokasi pengibaran bendera, upacara ini dibuat unik saat pengibaran bendera merah putih yang dibentangkan oleh prajurit Polda Maluku di atas kapal KP. Teluk Ambon XVI-3002. Sementara Kapolda Maluku, memimpin langsung  penaikan bendera dari  Taltikal boat.

Kapolda Maluku, Irjen Pol. Royke Lumowa kepada awak media menjelaskan pelaksanaan upacara HUT Kemerdekaan yang digelar Polda Maluku di laut teluk ambon karena Provinsi Maluku merupakan sebagian besar merupakan wilayah laut .

“ kenapa Upacara bendera kita laksanakan di laut ?, saya kira dasarnya adalah kita lihat provinsi Maluku sebagian besar adalah laut 92,4 % dan itu lumayan luar biasa dan besar sekali. Sehingga habitat kita polisi dan masyarakat harus lihat sebagian besar melihat laut dan salah satu implementasi dedikasi kita di laut di teluk ambon ini,”Kata Lumowa.

Mantan Kakorlantas Polri ini menjelasakan saat upacara berlangsung, sempat peserta maupun regu pengibaran bendera mengalami kesulitan lantaran cuaca yang kurang mendukung dan juga gelombang laut.

“ saat upacara tadi tingkat kesulitannya ada arus dan juga gelombang jadi kapal yang kita tumpangi tadi bergeser karena gelombang, namun tidak apa-apa kita nikmati saja karena ini alamnya. Yang penting upacaranya bisa terlaksana dengan baik,”Ungkap Royke

Baca Juga  Mobil Mantan Kadis Indag Maluku Tabrak Dispenser SPBU Kebun Cengkeh

Selain Polda Maluku, masyarakat pesisir seperti desa Galala dan Desa Poka juga turut mengikuti upacara perayaan HUT Kemerdekaan RI ke – 74 tahun ini di perairan laut teluk ambon.

Diakhir Perayaan Upacara HUT RI Polda Maluku di Laut ini,Polda Maluku melibatkan warga pesisir Galala dan Poka menggelar parade kapal dan perahu boat di sekitar perairan teluk Ambon. (T05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here