Putus Mata Rantai Narkoba GANN Maluku Lakukan Sosialiasi Pencegahan di Batu Meja Ambon

0
866
Foto : GANN Maluku saat Lakukan Penyuluhan di Kelurahan Batu Meja Ambon, Sabtu (09/01/21).

TABAOS.ID,- Dalam upaya menekan terjadinya kasus Narkoba di Maluku, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) LSM Generasi Anti Narkoba Nasional (GANN) Maluku mengadakan penyuluhan dan pencegahan Narkotika yang terselenggara di RT 001/RW 001 Kelurahan Batu Meja Ambon.

Sekretaris DPD GANN Maluku, Muhajirin Syukur Maruapey SH, MH. Ketika ditemui di sela kegiatan mengungkapkan penyuluhan pemberantasan narkotika merupakan kerjasama yang terbangun antara pihak Kelurahan Batu meja dan juga DPD LSM GANN Maluku.

“Jadi kegiatan ini adalah kegiatan penyuluhan tentang bahaya narkotika bagi masyarakat yang mana ini merupakan kegiatan kerjasama dengan melibatkan pemerintah kelurahan Batu Meja Ambon bersama DPD LSM Generasi Anti Narkotika Provinsi Maluku, yang dipusatkan di RT 001/RW 01”, paparnya.

Muhajirin menambahkan, penyuluhan Narkoba dalam rangka memberikan edukasi kepada Masyarakat dan pemuda tentang bahaya pemakaian Narkotika.

“Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memberikan edukasi pada Masyarakat dan pemuda di kelurahan Batu meja terutama di RT 001 terkait dengan bahaya penggunaan narkotika, tentang peredaran gelap narkotika yang terjadi di masyarakat hari ini”, tuturnya.

Lebih lanjut menurutnya, dari data di tahun 2019 BNN dan LIPI menempatkan Maluku dalam peringkat 33 paling sedikit jumlah pemakaian Narkoba dan peredarannya.

“Karena sesuai list data terakhir kerjasama BNN dengan LIPI menempatkan Maluku yang tadinya posisi nomor 7 nasional, ditahun 2019 posisi Maluku bergeser ke 33 dengan jumlah penggunaan narkoba paling sedikit dan juga peredarannya”, ungkapnya.

Muhajir merincikan, hari ini tingkat peredaran Narkoba di Maluku, lebih khusus di Kota Ambon sangat bervariasi hal ini dikarenakan pengedar lebih menjurus ke desa atau keluruhan hingga RT. “Bagi mereka disana lebih aman dan sulit dijangkau, apa lagi desa-desa yang jauh”.

Baca Juga  Angka Kasus Masih Tinggi, Kasrul: Proporsinya Didominasi Perempuan
Foto : Nampak para peserta  yang serius mengikuti kegiatan sosialisasi oleh GANN  Maluku dengan tetap menjalankan Protokoler Kesehatan (Protkes) dalam situasi PSBB yang berlangsung Di Kota Ambon.

Senada dengan yang disampaikan oleh Muhajirin, Lurah Batu meja Siti. H. Tuanaya, S.IP., M.Si saat ditemui di lokasi Kantor Kelurahan Batu Meja, sabtu (09/21) mengungkapkan, apresiasi-nya kepada DPD GANN Maluku yang telah meluangkan waktu untuk dapat memberikan penyuluhan terkait bahaya Narkoba bagi Masyarakat dan Generasi Muda Maluku.

“Untuk saya pribadi tentu sangat memberikan apresiasi kepada GANN Maluku bahwa pertama penyampaian materi sangat enak, kebetulan pesertanya juga dari anak-anak, sehingga kemudian kalau kita bicara anak itu dalam masa bosan, sesuai rumus yang beta tahu, umur mereka ditambah 5 menit, itu adalah kekuatan fokus anak dalam menerima satu materi, tapi hingga materi yang dilakukan selama 2 jam oleh rekan-rekan GANN mereka tidak kemana-mana”, ungkap Siti saat duduk bersama dengan rekan-rekan GANN di Kantor Lurah Batu Meja Ambon.

Siti yang juga merupakan Ketua Satgas Covid-19 Kelurahan Batu Meja dalam akhir wawancara menyampaikan, kegiatan yang berlangsung pada Pukul 10.00 WIT (Jam 10) oleh GANN tetap mengikuti protokoler kesehatan seperti yang dianjurkan oleh Pemerintah Kota Ambon. (T-07)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here