Raih 40 suara, Nono Sampono kembali menjadi pimpinan DPD RI

0
53

TABAOS.ID,- Nono Sampono terpilih sebagai Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI 2019-2024. terpilihnya senator Maluku itu diputuskan lewat sidang paripurna DPD di ruang Nusantara V, Senayan, Jakarta, pada selasa (1/10/2019) malam.

Proses pemilihan itu dilakukan lewat pemungutan suara oleh 134 anggota DPD yang hadir. Dua orang absen dari total 136 senator 2019-2024 yang terpilih.

“Maka diperoleh hasil berikut, suara terbanyak pertama La Nyalla dengan jumlah 47 suara. Terbanyak kedua Nono dengan 40 suara. Suara ketiga saudara Mahyudin memperoleh suara 28. Keempat Bachtiar meraih 18 suara dan abstain 1, total 134 suara,” kata pimpinan sidang sementara Jialyka Maharani.

Dengan demikian, yang menjadi ketua adalah La Nyala, sementara untuk Wakil Ketua satu diisi Nono Sampono, Wakil Ketua dua Mahyudin dan Wakil Ketua tiga diisi oleh Sultan Bachtiar.

“Sidang DPD RI sesuai dengan ketentuan pasal 4 ayat 1 pimpinan terpilih ditetapkan jadi ketua DPD dan ketiga lainnya jadi wakil ketua,” sambungnya.

Awalnya, keempat calon tersebut ditetapkan sebagai ketua subwilayah DPD. Mereka adalah Sultan Bachtiar Najamudin subwilayah Barat I, La Nyalla Mahmud Mattalitti subwilayah Barat II, Mahyudin subwilayah Timur I dan Nono Sampono subwilayah Timur II.

Masing-masing telah memperkenalkan diri dan menyampaikan visi misinya untuk membangun lembaga DPD. Keempatnya berharap bisa memimpin lembaga DPD.

Setelahnya, pimpinan rapat, Jialyka Maharani, memberikan kesempatan para anggota DPD berembuk dan memutuskan nama ketua DPD melalui musyawarah mufakat. Namun, para pimpinan DPD memilih untuk melakukan voting.

“Rembukan terakhir supaya enggak ada pikiran yang aneh-aneh akhirnya ya sudah kita kembalikan ke sahabat semua (anggota yang hadir),” kata pimpinan wilayah Barat 1 Sultan Bachtiar.

Baca Juga  Tentara Maluku Pemberani Hingga Ke Perang Korea

Disadur dari merdeka.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here