Sambut Tahun Baru Islam, Gubernur Ajak Berhijrah Ke Arah Lebih Baik

0
115

TABAOS.ID,- AMBON,- Menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 Hijriah, Gubernur Maluku Murad Ismail, mengajak masyarakat untuk berhijrah ke arah yang lebih baik.

“Saya ingin mengajak kita sekalian untuk memahami dan memaknai hijrah sebagai teladan bagi kita dalam membangun kehidupan berbangsa, khususnya di Maluku, untuk menuju masa depan yang lebih baik,” ungkap Gubernur saat menyampaikan sambutan pada Peringatan Tahun Baru Islam 1442 Hijriah Tahun 2020 yang dilakukan secara virtual di kediaman pribadinya, Jumat (21/8) malam.

Menurutnya, Tahun Baru Islam, harus dijadikan sebagai sarana untuk memperkokoh persaudaraan (ukhuwah Islamiyah), persaudaraan sesama manusia (ukhuwah insaniyah), dan persaudaraan sebagai sesame anak bangsa (ukhuwah wathaniyah)

Gubernur mengatakan, jika hubungan ini bisa diimplementasikan dengan baik, maka dia percaya masyarakat di negeri ini akan menjadi kuat, dan akan terhindar dari perpecahan yang bisa berujung konflik.

Untuk itu, ia mengajak seluruh masyarakat Maluku untuk melakukan beberapa hal, sebagai bentuk refleksi yakni, pertama, berhijrah dari kurang iman dan taqwa menuju peningkatan kekuatan iman dan taqwa kepada Allah SWT.

Kedua, berhijrah dari kebodohan dan keterbelakangan menuju pengutamaan pendidikan. Umat tidak akan pernah bangkit dan maju, jika tidak berhijrah kepada pengutamaan pendidikan dan ilmu pengetahuan.

Ketiga, berhijrah dari perpecahan menuju persatuan, yaitu umat harus sadar bahwa pertolongan Allah SWT akan datang jika ada persatuan. “Perpecahan hanya akan melemahkan mereka yang ingin meraih kemajuan,” sebutnya.

Keempat, berhijrah dari malas menuju rajin dan menjadi pekerja keras, yaitu kemajuan yang diawali dengan niat, semangat dan kerja keras. “Tidak ada kemajuan dan kejayaan tanpa kerja keras,” katanya.

Kelima, lanjut Gubernur, ditengah wabah pandemi covid-19 kita perlu memperkuat kesadaran hidup bersama sesama anak bangsa dengan senantiasa saling peduli, serta bekerjasama dan bersinergi dalam memberantas ancaman virus covid-19.

Baca Juga  Ingin Selamatkan Neneknya di Rumah, Sari Malah Ikut Terbakar dan Tewas

“Patuhi anjuran pemerintah dengan menerapkan protokol Kesehatan. Jadikan momentum 1 Muharam sebagai upaya kita bersama untuk berhijrah dari kehidupan di masa pandemic covid-10 menuju kehidupan normal (terbebas dari wabah covid-19),” ajak mantan Korps Brimob Polri ini.

Peringatan Tahun Baru Islam kali ini dilaksanakan secara virtual oleh Pemerintah Provinsi Maluku bersama Kantor Wilayah Departemen Agama Provinsi Maluku. Jalannya kegiatan ini diikuti oleh seluruh Bupati/Walikota se-Maluku dengan tausiyah disampaikan secara virtual oleh Dirjen Bimas Islam Departemen Agama RI, Prof. Dr. Kamarudin.

Kegiatan ini dihadiri Forkopimda Maluku, pimpinan umat beragama di Maluku, Sekretaris Daerah Maluku Kasrul Selang, Kepala Kantor Agama Provinsi Maluku, Jalamaludin Bugis, Ketua DPRD Provinsi Maluku Lucky Wattimura, beserta para pimpinan OPD di lingkup Pemerintah Provinsi Maluku. (T-07)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here