Sejumlah Petinggi Negara Datangi Maluku Pantau kesiapan 4 Daerah Jelang Pilkada

0
233

 TABAOS.ID ,- Menkopolhukam, Moh. Mahfud MD, didampingi Wakil Ketua DPD Nono Sampono, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal TNI, Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Idham Aziz dan rombongan akan mela­kukan kunjungan kerja selama dua hari di Ambon.

Kunjungan kerja Menkopolhu­kam ke Maluku pada Kamis (23/7) dan Jumat (24/7) melihat kesiapan pemerintah daerah menghadapi pemilihan kepala daerah di empat kabupaten di tengah masa pan­demi Covid-19.

“Jadi besok itu mereka punya tim datang, karena waktunya masih tentatif, namun intinya kunjungan kerja Menkopolhukam itu adalah pertemuan dengan Forkompimda Maluku dan Forkopimda yang me­nyelenggarakn pilkada,” jelas Sekda Maluku, Kasrul Selang ke­pada wartawan di Kantor Gubernur Maluku, Senin (20/7).

Dijelaskan daerah yang akan menyelenggarakan pilkada tahun 2020 yakni Kabupaten Kepulauan Aru, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Kabupaten Buru Selatan (Bursel) dan Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD).

Karena tahun 2020 penyelenggaran pilkda di tengah pandemi, jadi kunjungan kerja ini untuk melihat persiapan kita seperti apa, akan dilakukan video conference dengan empat daerah,” beber Kasrul.

Dalam pertemuan dengan Forkopimda Maluku juga, kata Kasrul, pasti ada arahan-arahan yang akan disampaikan.

“Pastilah ada arahan karena penyelenggaraan pilkada kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, ditengah masa pendemi,” ujarnya.

Agenda lainnya, setelah melakukan pertemuan, pada malam harinya, Menko Polhukam bersama rombongan akan melakukan pertemuan dengan tokoh-tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Lokasinya ini sedang kita carikan untuk pertemuan dengan tokoh agama dan tokoh masyarakat. Kalau kapasitas 80 orang, lantai VII kantor gubernur tidak muat,” jelasnya.

Ditanya kedatangan Menkopol­hukam bersama dengan rombongan ke Maluku apakah karena Maluku masuk dalam daerah yang rawan penyelenggaraan pilkada, Kasrul membantahnya.

Baca Juga  Sikap MDW Terhadap Kasus Sabuai, Seram Timur

“Tentu tidak, karena agenda utama kasih arahan dalam rangka pilkada. Dan kedatangan Menkopolhukam bersama dengan rombongan ke Maluku merupakan bentuk perhatian pemerintah pusat kepada Maluku terkhusus empat daerah yang akan melenggarakan pilkada tahun 2020,” tandasnya.

Informasi yang berhasil dihimpun Tabaos di kantor gubernur, selain Menkopolhu­kam, Wakil Ketua DPD, Nono Sampono, Mendagri, Tito Karnavian, Panglima TNI, Marsekal TNI, Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Idham Aziz ada rombongan  lain yang datang ke Maluku.

Mereka yakni  Plt. Deputi I/Poldagri, Mayjen TNI Purnomo Sidi, Deputi IV/Hanneg, Mayjen TNI Rudianto, Plt Deputi V/Kamtibmas, Brigjen Armed Wijaya, Karo Kumsidhal, Laksma TNI Sidiq Musthofa, Koorspri Menkopolhukam, Brigjen TNI Jeffry A. Rahawarin, Staf Khusus Menkopolhukam, Imam Marsudi, Staf Khusus Menkopolhukam, Rizal Mustary.

Menkopolhukam rencananya tiba di Ambon dalam perjalanan dari Timika dengan menggu­nakan pesawat khusus milik TNI AU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here