Sempat Putus, BPJS Kesehatan Kembali Jalin Kerjasama dengan RSUD dr. M. Haulussy Ambon

0
286
Kepala BPJS Cabang Ambon Afli Latumakulita.

TABAOS.ID,- Sempat memutus kerjasama sejak awal bulan mei, kini BPJS Kesehatan Cabang Ambon kembali bermitra dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. M. Haulussy. Kerja sama ini lantaran Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) telah merilis status akreditasi RSUD dr. M. Haulussy di situs resminya pada tanggal 28 Mei.

Survei akreditasi RSUD dr. M Haulussy Ambon dilakukan pada 21 Mei lalu. Hasilnya, Rumah sakit milik pemerintah Provinsi Maluku itu memperoleh akreditasi B dari KARS. status akreditasi itu, akan berlaku hingga Mei 2022 mendatang.

“Rumah Sakit Haulussy telah bersurat ke kami pasca akreditasinya telah tayang di web KARS, dan kami langsung tindaklanjuti,” kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ambon, Afiana Latumakulita, saat dikonfirmasi, Rabu (29/05).

Selain akreditasi, seluruh persyaratan dalam melakukan kerja sama telah dipenuhi oleh RSUD dr. M. Haulussy. Menurut Afli, terjalinnya kembali kerjasama antara BPJS Kesehatan cabang Ambon dengan RUSD dr. M Haulussy merupakan angin segar bagi semua pihak. Terutama peserta JKN-KIS.

“Mereka dapat kembali mengakses pelayanan di RS tersebut, bagi Pemprov Maluku yang sebelumnya turut andil dalam pembiayaan peserta JKN di RSUD Haulussy pasca diberhentikanya kerja sama dengan BPJS Kesehatan, dapat menggunakan dana tersebut untuk program-program prioritas lainya,” ujar Afli.

Olehnya itu, pihaknya sangat mengapresiasi upaya baik RSUD dr. M. Haulussy, Pemerintah Provinsi Maluku dan Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, sehingga proses akreditasi RS cepat terselesaikan.

Sebelumnya, diberitakan pada tanggal 1 Mei 2019 terdapat 3 Rumah Sakit di Maluku yang putus kerja sama dengan BPJS Kesehatan, yaitu RSUD Haulussy, RSUD dr. Ishak Umarella dan RS Hati Kudus Langgur.

Tekait rumah sakit lain Afli menerangkan bahwa pelaksanaan penilaian akreditasi RSUD dr. H. Ishak Umarella Maluku Tengah juga telah selesai setelah penilaian di RSUD dr. M. Haulussy.

Baca Juga  Penyitaan Sopi, Minimnya Daya Inovasi Dan Kreativitas Para Power Holder

” Namun untuk RS Hati Kudus Langgur masih menunggu kunjungan dari KARS yang dijadwalkan bulan Juni ini. Sementara RSUD dr. H. Ishak Umarella juga sudah selesai penilaian akreditasinya, namun belum tayang di web KARS. Jadi kita tunggu saja kemungkinan hari ini tayang. Kalo sudah tayang kita bisa kerja sama kembali,” terangnya.(T02)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here