Soal Isu Pasien Rujukan RSUD Bula Corona, Ini Tanggapan Kasrul Selang

0
256
Foto : Ketua Harian Satuan Gugus Tugas penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, Kasrul Selang.

TABAOS.ID,-Seorang Pasien rujukan RSUD Bula, Kabupaten Seram Bagian Timur dikabarkan positif covid-19, setelah menjalani tes di rumah sakit umum dr.M. Haulussy, Kudamati, Ambon.

Pasien rujukan tersebut adalah seorang Ibu hamil. Dirinya kabarnya telah terkonfirmasi positif covid-19. Kabar itu beredar di salah satu akun media sosial. keluarga pasien tak terima dan memilih untuk memulangkan pasien tersebut.

Ketua Harian Satuan Gugus Tugas penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, Kasrul Selang mengungkapkan bahwa pasien rujukan RSUD Bula berinisial H, saat ini dalam perawatan di RSUD Haulusy Ambon dengan kondisi baik.

“menindaklanjuti Pembahasan di Media Sosial terkait salah satu pasien rujukan dari Bula Kabupaten Seram Bagian Timur, yang dalam kondisi hamil saat ini keadaannya baik-baik saja bahkan janin yang dikandungnya juga dalam kondisi baik,” ungkapnya di Ambon, Jumat (2/10/2020).

Kasrul menjelaskan, pasein itu merupakan pasien rujukan dari RSUD Bula tercatat masuk ke RSUD dr. M. Haulussy pada tanggal 30 September 2020. Dia didiagnosa suspek solutio plasenta serta riwayat Jatuh dengan kehamilan 32-33 minggu (7 setengah bulan) dan hasil rapid test menunjukkan IgG dan IgM reaktif.

Setelah diperiksa di IGD RSUD dr. M. Haulussy, keadaan ibu dan janin baik, sehingga yang bersangkutan saat ini sementara dirawat di bagian kebidanan.

Pada tanggal 1 Oktober 2020, pasien mengeluh sesak nafas, dan bidan yang bertugas segera melaporkan ke Dokter Spesialis kandungan dan dilakukan USG. Hasilnya, kandungan dan janin normal.

“Karena ada keluhan sesak nafas dari pasien, maka dilakukan pemeriksaan swab dengan metode TCM (Tes Cepat Molekuler),” ucapnya.

Kurang lebih 1 jam, hasil TCM menunjukkan bahwa ibu “H” terkonfirmasi positif COVID-19. Oleh sebab itu, yang bersangkutan harus dipindahkan ke ruang isolasi penanganan COVID-19 RSUD dr. M. Haulussy.

Baca Juga  Klarifikasi Kasrul : Hanya 26 Orang Pegawai BPOM Ambon yang Positif Covid-19

Selang mengajak seluruh masyarakat untuk doakan yang terbaik bagi H dan janin, agar selalu dalam perlindungan Allah SWT.

Kasrul berharap tim dokter dan tenaga kesehatan di RSUD dr. M. Haulussy agar memberikan pelayanan yang terbaik bagi pasien tersebut. (T-07)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here