Sore ini Final Turnamen INAMAC 2021 – Widya: Harus Junjung Sportivitas

0
1227
Ina Latu Maluku, Widya Pratiwi Murad saat dalam pertandingan eksebisi pembukaan INAMAC 2021

TABAOS.ID,- Akhirnya Open Turnamen Ina Latu Maluku Cup 2021 yang dibuka Ina Latu Maluku, Widya Pratiwi Murad pada 21 Maret lalu, hari ini (8/9) memasuki babak final untuk kategeri putra maupun putri.

Kegiatan atau turnamen ini diharakan dapat menjaring pemain muda berbakat, juga untuk menjalin silaturahmi terutama di antara insan perbolavolian di Maluku.

Tim-tim yang berhasil lolos ke final untuk kategori Putra adalah Salut II wakil dari Seram Bagian Timur berhadapan dengan Bareta Volleyball Club Ambon. Sementara final untuk kategori Putri akan mempertemukan Salut I dari Seram Bagian Barat melawan melawan MVBC Ambon.

Babak final memperebutkan tempat pertama dan kedua ini dipastikan sengit, apalagi pada pertandingan sore ini (8/04) Salut Putra II diperkuat oleh Doni Haryono pemain terbaik pada ajang Sea Games Filipina 2019 lalu vs Bareta sekalipun mengandalkan pemain lokal namun tampil impresif pada sejak babak penyisihan 

Sedangkan Salut Putri l yang diperkuat oleh pemain Tim Nasional Wilda Nur Fadilah akan mengadapi perlawan sengit MVBC dari Kota Ambon yang belum pernah terkalahkan dalam perheletan Turnamen INAMAC 2021 ini.

Dihubungi tabaos.id, Ina Latu Maluku, Widya Pratiwi Murad mengharapkan dalam babak final yang pasti berlangsung sengit dan kompetitif, semua tim harus menjunjung tinggi sportivitas. 

“Dalam babak final pasti seru dan sengit, ada tim yang menang dan kalah, itu biasa, yang pasti semua tim harus menjunjung tinggi sportivitas”, harap inisiator turnamen INAMAC ini.

Kegiatan INAMAC 2021 ini juga diharapkan dapat memupuk persatuan dikalangan muda Maluku dan momentum menjaring pemain muda berbakat asal Maluku yang dapat memperkuat Maluku di ajang kompetisi maupun turnamen bola voli nantinya.

Seperti disampaikan dalam sambutannya saat pembukaan kegiatan, Widya mengetengahkan Turnamen Bola Voli Ina Latu Cup Maluku 2021 merupakan salah satu kejuaraan yang memiliki arti penting dan strategis, termasuk dalam memperkokoh persaudaraan.

“Besar harapan saya selain sebagai ajang untuk menyalurkan hobi dan kegemaran, melalui turnamen ini dapat menjadi ajang silaturahmi serta memperkokoh persatuan, persaudaraan dan kebersamaan diantara kita,” ungkap Ketua Tim Penggerak PKK dan Dekranasda Provinsi Maluku tersebut.

Lebih dari itu, lanjut Widya, melalui turnamen ini juga merupakan ajang untuk menyaring bibit-bibit olahraga Bola Voli baru untuk dilatih dan dikembangkan menjadi atlet yang berkualitas, yang akan menjadi aset daerah, khususnya di bidang olahraga.

Sedangkan alasan Negeri Pelauw dipilih sebagai pusat kegiatan, Founder IndoEast Network, Ikhsan Tualeka, sebagai pelaksana turnamen menjelaskan, selain karena di zona hijau Pandemi Covid-19, akses ke Negeri Pelauw yang ada di Pulau Haruku relatif mudah dijangkau dari pulau-pulau sekitar, seperti dari Pulau Seram, Pulau Ambon dan Saparua.

“Kami mempertimbangkan aspek atau situasi pandemi, jadi memilih pelaksanaannya tidak di Kota Ambon, juga terkait akses bagi para tim yang relatif dekat untuk menyeberang ke Pulau Haruku yang posisinya ada di tengah, diapit oleh pulau-pulau lainnya”, ungkap Ikhsan.

Baca Juga  Menoha Lerebulan: Wasit Nasional di Turnamen Ina Latu Maluku Cup 2021

Founder Beta Sport ini berharap turnamen Bola Voli sebagai langkah awal. Dimana kedepannya akan ada cabang olahraga lainnya dapat turut digelar dan itu bisa di mana saja di kepulauan Maluku.

“Targetnya olahraga harus menjadi instrumen penting dalam memajukan pemuda Maluku, meninggikan prestasi, mendorong bergeliatnya ekonomi dan memperkokoh persatuan dan kesatuan orang Basudara”, pungkas anak muda yang dikenal enerjik ini.

(T15)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here