Berdasarkan Survey LSI Petahana Unggul Di MBD

0
577
Foto : Lembaga Survey Indonesia (LSI) Memprediksikan Pasangan Calon Bupati Dan Wakil Bupati Nomor Urut Dua yang adalah petahana akan menang dan Unggul jauh 54% , mengalahkan kanidat lainnya baik 01 dan 03.

AMBON,TABAOS.ID,- Pasangan calon bupati dan wakil bupati Maluku Barat Daya (MBD) dengan nomor urut 2, Benyamin Thomas Noach selaku calon bupati dan Agustinus Lekwardai Kilikili selaku calon wakil bupati. Diprediksi menjuarai Pilkada di Kabupaten MBD.

Pasalnya pasangan Benyamin Thomas Noach dan Ari Kilikili unggul jauh diatas dua pasangan lainnya yakni Nikolas Kilikili yang berpasangan dengan Desianus Orno serta pasangan John Leunupun yang berpasangan dengan Dolfina Markus.

Hal tersebut diungkapkan Ikrama Masloman salah satu peneliti dari LSI Deny JA kepada awak media di Ambon Senin (30/11/2020).

“LSI sendiri telah melakukan survei di semua kecamatan di Kabupaten MBD sejak tanggal 2 Oktober 2020 hingga tanggal 21 Oktober 2020, dengan responden sebanyak 400 responden dengan margin error’ kurang lebih 5 persen, ” urai Masloman.

Ditambahkan Masloman, dari hasil survei yang dilakukan LSI ini jelas terbaca bahwa untuk tingkat elektabilitas pasangan Benyamin Ari (Petahana) unggul dengan presentasi di atas 50 persen. Pasangan ini diprediksi menang dengan selisih elektabilitas petahana diatas 40 persen diatas pasangan Kalwedo dan Jodo. Dimana elektabilitas pasangan Benyamin Ari mencapai 54,9 persen. Sedangkan pasangan Nikolas Kilikili – Desianus Orno (Kalwedo) elektabilitasnya hanya 12 persen. Dan pasangan John Leunupun – Dolfina Markus elektabilitasnya berada diposisi 7,4 persen.

Untuk segmen pemilih perempuan, pasangan Benyamin Ari unggul jauh dengan raihan presentasi sebesar 53,7 persen. Sedangkan pasangan Nikolas Kilikili – Desianus Orno hanya mampu meraih presentasi sebesar 10,3 persen. Dan Pasangan John Kilikili – Dolfina Markus hanya meraih 8 persen suara perempuan.

Untuk segmen pemilih yang beragama Kristen Protestan yang merupakan mayoritas pemilih di kabupaten MBD dengan presentasi sebanyak 98,3 persen. Pasangan Benyamin Thomas Noach dan Ari Kilikili unggul dengan 54,7 persen dukungan. Jauh diatas pasangan Kalwedo yang hanya 11,6 persen dan pasangan Kalwedo yang hanya meraih 7,6 persen dukungan. Sementara untuk segmen ini ada 26,11 persen yang mengambang.

Baca Juga  HMI Cabang Ambon Salurkan Masker Untuk Pedagang

Ditambahkannya, pada segmen pemilih milenial, lagi lagi pasangan Benyamin Thomas Noach dan Ari Kilikili unggul dengan 51,6 persen dukungan. Sangat jauh jika dibandingkan dengan pasangan Kalwedo yang lagi lagi hanya mampu meraih 13,6 persen dukungan kalangan milenial. Dan pasangan Jodo hanya finish pada angka presentasi sebanyak 9,9 persen dukungan.

“Untuk segmen pendapatan, pasangan Benyamin Ari unggul pada seluruh segmen ini yaitu wong cilik hingga kelas menengah. Pada segmen ini pasangan Benyamin Ari unggul dengan 55,7 persen dukungan dari wong cilik berpendapatan dibawah Rp.500 ribu. Sedangkan untuk pemilih wong cilik berpenghasilan Rp.500 ribu hingga Rp.999.000 pasangan petahana meraih 48,8 persen dukungan. Dan pada masyarakat berpenghasilan diatas Rp.1 juta, pasangan Benyamin Ari meraih 59 persen suara, ” papar Maslomon.

Berdasarkan hasil survei LSI Deny JA untuk segmen pemilih berdasarkan etnis lanjut Maslomon, lagi lagi pasangan Benyamin Ari unggul jauh dari dua rivalnya. Untuk pemilih dari etnis Kisar Benyamin Ari meraih 78,3 persen dukungan, pemilih etnis Babar pasangan petahana meraih 50 persen dukungan dan pemilih etnis Wetar, pasangan Benyamin Ari meraih 61,9 persen dukungan. Pada segmen ini pasangan Kalwedo dan Jodo hanya meraih 1,7 persen dukungan.

Maslomon juga menjelaskan mengapa Petahana Benyamin Thomas Noach – Agustinus L Kilkily berpotensi Menang,
LSI mencatat 3 alasan.
Pertama, tingkat popularitas atau pengenalan yang tertinggi juga
tingkat kesukaan yang tinggi. Benyamin Thomas Noach dikenal oleh 95,1% dan disukai sebesar 87,7%. Kedua Desianus Orno sebesar 81,7% dengan tingkat kesukaan sebesar 64,7%, ketiga Agustinus L Kilkily dikenal sebesar 80,3%. dengan tingkat kesukaan sebesar 83,3%, Posisi Keempat Nikolas Johan Kilkily dikenal sebesar 77,1%. dengan tingkat kesukaan sebesar 67%, dan pasangan John-dolfina adalah tingkat pengenalan terkecil, dimana John Nimrot dikenal sebesar 75,7%. dengan tingkat kesukaan sebesar 66,8%, sedangka wakilnya Dolfina Markus dikenal sebesar 70,9% dan disukai 65,7%.

Baca Juga  Gubernur Ungkap Dugaan Pungli di Disdikbud Maluku

Alasan Kedua adalah, petahana Unggul di semua aspek personaliti, diatas 70% publik MBD menilai, Petahana, sosok yang Pintar, Berwibawa, Mampu Mengambil Keputusan.
Dan diatas 60% menilai petahan sebagai sosok yang perhatian pada rakyat,
menyenangkan dan taat beragama

Alasan ketiga Mengapa dukungan Petahana begitu perkasa. Yaitu approval rating tingkat kepuasan terhadap petahana diatas 75%. Dimana mereka yang puas dan cukup puas dengan kinerja Benyamin Thomas Noach sebagai petahana sebesar 77.2%, sedangkan yang menyatakan kurang puas dan tidak puas sama sekali, hanya sebesar 15,4%.

“Dengan berbagai parameter yang dipakai LSI Deny JA dalam melakukan survei pilkada kabupaten MBD, maka dapat diprediksi bahwa pasangan petahana, Benyamin Ari unggul pada Pilkada MBD dengan presentasi sebanyak 54,9 persen. Pasangan Kalwedo hanya meraih suara 12 persen dari jumlah pemilih di MBD. Dan pasangan Jodo meraih 7,4 persen dari jumlah pemilih di MBD. Dan swing voter atau mereka yang belum menentukan pilihan sebanyak 25,7 persen, ” tutup Maslomon. (T-07)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here