Gempa Berkekuatan 7,2 Guncang Halmahera, Tidak Berpotensi Tsunami

0
121
Gempa bumi berkekuatan magnitudo 7,2 mengguncang wilayah di Halmahera Selatan, Maluku Utara, Minggu, 14 Juli 2019, sekira pukul 18.10 WIT. Foto : BMKG

TABAOS.ID,- Gempa bumi berkekuatan magnitudo 7,2 mengguncang wilayah di Halmahera Selatan, Maluku Utara, Minggu, 14 Juli 2019, sekira pukul 18.10 WIT. Gempa itu tidak berpotensi Tsunami.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono menghimbau masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak benar.

“Gempa ini tidak berpotensi tsunami. Kepada masyarakat, untuk tetap tenang dan jangan percaya isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” kata Rahmat.

Berdasarkan informasi dari BMKG, gempa berada pada kedalaman 29 Kilometer, dengan titik koordinat 0.56 LS dan 128.06 BT, atau berada di 63 KM arah timur Kota Labuha, Kabupaten Halmahera Selatan.

Gempa ini juga terasa di beberapa daerah.  Termasuk daerah Obi, Labuha, Manado, Ambon, Ternate, Namlea, Gorontalo, Sorong, dan Bolaang Mongondow.

Hasil monitoring BMKG menunjukan 7 kali gempa terjadi hingga pukul 17.00 WIB, dengan magnitudo diatas 5 sebanyak lima kali dan dua kali magnitudo dibawah 5.

Hingga saat ini belum ada laporan ditimbulkan dampak kerusakan yang  akibat gempabumi tersebut.

Reporter                      : Salama Picalouhata

Baca Juga  Kapal Bermuatan Buah Durian dari Tehoru Pulau Seram Tujuan Tual Hilang Kontak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here