Hambra Samal: Peringatan Sumpah Pemuda Momentum Gelorakan Semangat Persatuan

0
1173

TABAOS.ID,- Hambra Samal mengajak pemuda memaknai sumpah pemuda 28 Oktober dengan menggelorakan semangat persatuan dan kesatuan demi kemajuan bangsa dan negara.

“Pemuda merupakan penggerak utama kemajuan suatu bangsa, baik pemuda maka baiklah bangsa itu,” kata Hambra kepada tabaos.id (Senin, 28/10)

Menurut Deputi Bidang Infrastruktur dan Bisnis Kementrian BUMN RI ini, sumpah pemuda menjadi bukti bahwa pemuda memiliki peran yang sangat penting dan strategis dalam kemerdekaan negara Indonesia.

Melalui momentum ikrar sumpah pemuda, sekat-sekat primodalisme dapat disatukan. Dengan sumpah bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia, berbangsa yang satu, bangsa Indonesia dan menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia, kebhinekaan dapat dilebur.

Saya berharap, para generasi muda saat ini juga harus proaktif, kreatif, inovatif dan turut berkontribusi dalam memajukan bangsa. Namun, bentuk perjuangan generasi saat ini, atau generasi milenial tentu berbeda dengan pemuda pada masa kolonialisme,” ujarnya.

“Kalau dulu, para pemuda kala itu memikirkan dan berjuang untuk merebut hak bangsa yang dirampas oleh penjajah. Sekarang pemuda dituntut untuk mengisi kemerdekaan dengan hal-hal positif,” sambungnya.

Tokoh Maluku yang akrab disapa Bang Hambra ini mengatakan ada banyak cara mengisi kemerdekaan. Misalnya dengan mengembangkan kompetensi dan kapasitas diri hingga mengukir prestasi dan berkontribusi bagi kemajuan bangsa,” jelasnya

Disinilah diharapkan peran pemuda dapat bersaing dalam bentuk apapun, tentu dalam hal positif. “Para pemuda, harus bergandengan tangan, bersatu, untuk memajukan bangsa, menjawab tantangan hari ini maupun di masa yang akan datang. Karena di tangan pemuda lah negara ini akan maju,” ujar Hambra.

“Mari kita lupakan polarisasi politik pasca pesta demokrasi 2019 lalu, sekarang saat nya kita bergandengan tangan, berkolaborasi, bergerak bersama demi bangsa dan negara Indonesia yang lebih baik,” pungkasnya.

Baca Juga  TABAOS.ID, Portal Berita Berbasis Citizen Journalism

Sekadar catatan, upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 hari ini di tahun 2019 bertemakan: ‘Bersatu Kita Maju’.(T10)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here