Branding City of Music, Ambon Terima Anugerah Pesona Indonesia 2020

0
142

TABAOS.ID,- Kementerian Pariwisata (KemenPar) RI Anugerahkan Kota Ambon dengan Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2020 karena mampu dan terbukti menciptakan dan mempertahankan branding yang berdampak pada dunia pariwisata sebagai  Ambon City of Music.

Anugerah Pesona Indonesia nanti akan akan diterima langsung oleh Walikota Ambon Richard Louhenapessy didampingi Wakil Walikota Ambon, Syarif Hadler, Kamis, besok yang dipusatkan di Inaya Bay Komodo Hotel, Labuan Bajo, Manggarai Barat Nusa Tenggara Timur. 

“Perhelatan API sudah berjalan selama empat tahun. Dan tahun ini diselenggarakan di Labuan Bajo, Provinsi NTT,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Ambon. R. Hayat dalam press rilis yang diterima tabaos.id, Rabu (19/05.)

Dijelaskan, penghargaan yang diterima Pemerintah Kota Ambon adalah untuk kategori branding pariwisata sebagai Kota Musik Dunia. Dimana penghargaan dari Pemerintah Pusat tersebut adalah berdasarkan kemampuan dalam mempresentasikan dalam bentuk proposal, yang kemudian dinilai oleh Kementerian Pariwisata RI. 

“Ini merupakan hasil penilaian dari Kementerian Pariwisata. Jadi, kita mengirim proposal untuk dinilai tim juri. Dan ternyata Ambon City of Music masuk dalam kategori penilaian. Kita semua sudah mengetahui bahwa Ambon City of Music merupakan branding yang bukan lagi secara Nasional tetapi Internasional yang dibuktikan dengan pengakuan dari UNESCO,” jelasnya. 

Hayat mengakui penghargaan tersebut memiliki nilai yang sangat penting. Karena dengan branding pariwisata, Kota Ambon  harus tetap mempertahankan predikat tersebut. 

“Ini adalah tanggungjawab yang tidak kecil, karena itu membutuhkan koordinasi, kerjasama yang kooperatif dari seluruh elemen baik masyarakat maupun pemerintah daerah serta pihak terkait lainnya,” ungkapnya. 

Dirinya berharap, dengan penghargaan tersebut timbul rasa bangga semua pihak, dan akan terus mempertahankan. Dan akan terus digali potensi yang ada. Untuk diketahui, ajang bergengsi API diikuti oleh sejumlah Kota dan Provinsi di Indonesia. 

Untuk Provinsi Maluku masuk lima kategori penilaian juri yaitu Provinsi Maluku dengan Digital Tourism, Kota Ambon dengan Ambon City of Music, Kabupaten Buru dengan Wisata Olahraga Petualangan Terpopuler, Kabupaten Maluku Barat Daya dengan Destinasi Baru Terpopuler Welora serta Maluku Tengah Dengan Destinasi Kreatif Terpopuler,” jelasnya. 

Sehingga untuk tahun 2020 Kota Ambon harus beruntung dari daerah lain di Indonesia bahkan secara khusus di Maluku. Selain menerima penghargaan, Kota Ambon juga didaulat untuk mengisi acara Malam Penganugerahan API 2020. 

“Kita bersukacita karena selain menerima penghargaan, besok malam kita juga akan mengisi acara lewat persembahan lagu yang akan dinyanyikan singers Kota Ambon dan kawan-kawan diantaranya lagu Nasional serta beberapa lagu Ambon lainnya,” ungkapnya. 

Untuk itu, dirinya mengungkapkan sudah ada persiapan untuk menyusun lagi proposal dalam proses penilaian API tahun 2021.

“Untuk tahun 2021, kita akan mengusulkan dan mengirimkan proposal terkait Desa Wisata. Kita memiliki sejumlah potensi Desa Wisata. Harapan kami, semoga proposal tahun ini juga bisa masuk dalam kriteria penjurian sehingga mendapatkan penghargaan juga,” ulas Hayat. 

(TCJ/T-12)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here