Srikandi dari Kota Ambon Jadi Komandan Upacara Hari Pattimura Ke-204

0
1312
Emilda Tahalele Upacara Hari Pattimura 2021 yang diadakan Pemkot Ambon (Foto: Ist)

TABAOS.ID,- Ada yang lain dan baru tercatat dalam sejarah bahwa Peringatan hari Pattimura yang dipusatkan di Kawasan Pattimura Park, Kecamatan Sirimau Kota Ambon, Jumat 15/5) bertindak sebagai Komandan Upacara adalah Emilda Tahalele yang adalah Srikandi dari Kota Ambon.

Sebagai sosok perempuan yang dalam tugas menyiapkan pasukan upacara, Tahalele mampu melaksanakan tugas dengan baik. Hal ini menandakan bahwa membangun Negeri ini perlu ada emansipasi untuk semua pihak.

Munculnya seorang Komandan Upacara yang adalah sosok seorang perempuan untuk mengingat kembali pada sosok seorang Martha Christina Tiahahu yang juga turut mendampingi Thomas Matulessy dan kawan kawannya berjuang melawan penguasa Belanda

Untuk diketahui perenungan dan penghormatan dilaksanakan pada pukul 00.00 tanggal 14 Mei 2021. Menyongsong peringatan hari Pattimura di ke-204 pada hari berikutnya, tanggal 15 Mei 2021.

Kapitan Pattimura adalah gelar yang disandang oleh Thomas Matulessy, lahir pada tanggal 8 Juni 1783 dan meninggal pada tanggal 18 Desember 1817. Sejarahnya adalah kebanggaan orang Maluku, dan mampu menjadi sosok yang disanjung karena semangatnya.

Dalam catatan sejarah saat dirinya harus menerima hukuman gantung di Benteng Victoria oleh Pemerintah Belanda, pesan yang hingga kini masih terngiang adalah, sekalipun Pattimura tua harus mati, namun akan bangkit Pattimura-Pattimura mudah.

Walikota Ambon, Richard Louhenapessy yang adalah Upu Latu Kota Ambon saat memimpin upacara renungan suci dan penghormatan terhadap arwah Kapitan Pattimura bertindak sebagai Inspektur Upacara.

(T-12)

Baca Juga  Sejarah Imajiner: Andai Tak Menempuh Jalan Bersama Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here