Terkonfirmasi Postif Covid-19, Seorang Tenaga Medis di RSUD Dr. M. Haulussy Ambon Meninggal

0
444
Foto : Prosesi pemakaman Alm DS

TABAOS.ID,- Kabar duka datang ditengah pandemi COVID-19. Salah satu pegawai (PNS) RSUD dr Haulussy Ambon yang adalah kepala kepegawaian DS (56) meninggal dunia, Kamis (2/7/2020) pagi.

Dari data terkonfirmasi sebelumnya, almarhum DS adalah pasien dalam pengawasan (PDP) yang telah terkonfirmasi positif COVID-19 melalui hasil Swab dengan metode tes cepat molekuler (TCM).

Pukul 13.00 Wit, almarhum dimakamkan di tempat pemakaman khusus (TPK) Desa Hunuth Kecamatan Teluk Ambon siang ini dengan protokoler COVID-19. Usai dihantar menggunakan mobil ambulance milik RSUD dr. M. Haulussy Kudamati.

Saat sampai di TPK, isak tangis dari keluarga DS saat melepaskan peti jenazah di liang kubur almarhum. Prosesi pemakaman jenazah dijaga ketat oleh aparat keamanan TNI-Polri.

Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Maluku Kasrul Selang saat dikonfirmasi membenarkan informasi meninggalnya DS. Awalnya almarhum DS  melakukan uji  Rapid dan hasilnya non reaktif. Namun ketika meninggal, almarhum hasil Swab TCM menunjukan hasilnya positif.

“Iya. Positif COVID-19 setelah meninggal dan diambil Swab diperiksa TCM. Sehingga pemakaman sesuai protokol COVID. almarhuma meninggal pada pukul  02.00 dini hari di rumah. dan senin pagi sudah selesai pemamakan di Hunuth,” ujar Kasrul via seluler, Kamis siang.

Karena non reaktif tambah Kasrul, awalnya almarhum DS kerja seperti biasa di kantor dan rumah. Namun dalam perjalanannya almarhum meninggal dunia. “Karena diperiksa Swab positif, langsung kita jemput jenazahnya di Lateri dibawa ke RSUD untuk kremasi dan pemakaman,” tuturnya

Ditambahkan, keluarga mengikhlaskan kepergian almarhum. Bahkan salah satu pendeta yang ditunjuk oleh Kanwil Kemenag Maluku masuk ke ruang jenazah untuk berdoa. Sementara anak almarhum diberikan APD lengkap untuk turut berdoa dan ikut makamkan orang tuanya.

Baca Juga  Sosok Mayat Pria Ditemukan Nelayan Mengapung di Perairan Negeri Pelauw

“Kebetulan anak almarhum itu juga pegawai di RSUD Haulussy. Almarhuma DS jadi pasien pertama kategori tenaga administrasi RS yang meninggal, bukan tenaga kesehatan. Sebab almarhum adalah Kasubag kepegawaian,” ucap Sekda Maluku (T-07)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here