Dari Aksi Heroik Penyelamatan Petugas PLN Hingga Pemberian Penghargaan Oleh Kapolda Maluku. Bripda Angga Dianggap Penyelamat

0
224
Kapolda Maluku Irjen Polisi Drs. Royke Lumowa ini saat memberikan penghargaan kepada Bripda Angga Badina lantraran dirinya dianggap penyelamat petugas PLN dari maut saat tersengat listrik di depan SMP Negeri 2 Ambon, Kota Ambon, Jumat (10/5/2019) pekan kemarin.

TABAOS.ID,- Aksi Heroik Penyelematan terhadap salah satu petugas PLN di Ambon Maluku, berbuah manis. Bripda Angga yang menjadi pahlawan terhadap salah satu petugas PLN Ambon dihargai dengan penghargaan oleh Kepala Kepolisian Daerah  Maluku Inspektur Jenderal Polisi Drs. Royke Lumowa

Penghargaan yang diberikan Kapolda Maluku Irjen Polisi Drs. Royke Lumowa ini  kepada Bripda Angga Badina lantraran dirinya dianggap  penyelamat petugas PLN  dari maut saat tersengat listrik di depan SMP Negeri 2 Ambon, Kota Ambon, Jumat  (10/5/2019) pekan kemarin.

Orang nomor 1 Polri di Provinsi Maluku itu memberikan penghargaan secara langsung kepada Angga, saat memimpin apel pagi yang berlangsung di Lapangan Polda Maluku, Tantui, Kota Ambon, Senin (13/5/2019). Pemberian penghargaan disaksikan Waka Polda, Irwasda, Pejabat Utama, dan Personel Polda Maluku.

Bripda Angga sendiri merupakan anggota Subaghumas Polres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease. Ia mendapatkan penghargaan berupa piagam dan sejumlah uang dari Kapolda, atas keberaniannya menyelamatkan nyawa Mualif (25), petugas PT. 63 yang merupakan rekanan kerja PLN ULP Ambon Kota, dari maut.

Aksi nekat Angga, Bintara muda Polri tersebut, menunjukan bahwa setiap anggota polisi adalah pelindung, pelayan dan pengayom masyarakat.

“Terimakasih kepada seluruh personel yang telah melaksanakan tugas dengan penuh dedikasi dan loyalitas tinggi, sehingga situasi wilayah hukum Maluku masih dalam keadaan aman dan kondusif,” kata Lumowa.

Lumowa mengaku bangga dengan sikap Angga yang rela berkorban disaat masyarakat lainnya takut melakukan pertolongan kepada korban yang sedang tersengat listrik.

Tindakan Angga, tambah mantan Kakor Lantas Polri ini merupakan implementasi dari Catur Prasetya yang merupakan tugas anggota Polri yaitu berkorban demi masyarakat, bangsa dan negara.

“Personel Polri bertugas tanpa memikirkan resiko. Yang mana pegawai PLN tersebut (masyarakat) tubuhnya sedang terkena sengatan listrik, akan tetapi personel Polri tersebut tetap menaiki tiang listrik dengan menggunakan tangga kayu dan menolong Pegawai PLN,” salut Lumowa.

Baca Juga  Promosi Wisata, Ratusan Peserta Dari Berbagai Daerah Siap Meriahkan Tour d’Ambon Manise II

Sikap Angga, harap Jenderal Bintang Dua ini, harus diteladani semua personel di jajaran Polda Maluku. Setiap anggota Polri dituntut untuk bertugas dengan penuh dedikasi dan loyalitas tinggi.

“Kepada seluruh personel Polda Maluku agar menteladani aksi Bripda Angga yang melaksanakan tugas dengan penuh dedikasi dan loyalitas tinggi,” pintanya.

Ucapkan Terima kasih Angga

Sementara itu, Bripda Angga saat dikonfirmasi tabaos.id melalui pesan whatshapp-Nya, Angga memberikan ucapan terima kasih terhadap Pimpinan Polda Maluku yakni Kapolda Maluku Irjen Polisi Drs. Royke Lumowa lantaran memberikan penghargaan kepada dirinya.

“Buat pimpinan Polda Maluku, Bapak Kapolda dan Jajarannya saya ucapkan terima kasih atas penghargaan yang telah diberikan. Selain itu buat pimpinan Polres Ambon & P.P. Lease, Bapak Kapolres dan Jajaran serta seluruh Anggota Polri di Ambon yang mendukung saya sampai seperti saat ini,” Kata Angga melalui pesan whatshapp, senin (13/5/2019) sore.

Selain memberikan rasa terima kasihnya kepada instansi Polri, Bripda Angga juga menyampaikan rasa terima kasih-Nya terhadap para jurnalis yang telah meliput dan memberitakan hingga menjadi viral.

“ saya tidak menyangka bisa menerima penghargaan dari bapak Kapolda Maluku. Saya tidak menyangka juga bisa viral di sejumlah media lokal dan nasional serta media sosial. Tapi saya tau itu karena rekan-rekan wartawan memplubikasikan diri saya untuk itu, saya sangat berterimaksih banyak buat taman-teman wartawan,” Ujar Angga

Anggota Subaghumas Polres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease Bribda Angga Badina  berhasil menyelamatkan Mualif, 25 Tahun petugas PLN yang kesetrum di atas tiang listik. Peristiwa ini terjadi di depan Kantor Dinas Informasi dan Komunikasi Pemprov Maluku di Jalan Latumeten,  Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon, Jumat (10/5/2019)  siang.

Baca Juga  Kapolda Maluku Ziarah di Makam Pahlawan Kapahaha dan Tabur Bunga di Teluk Ambon

Saat itu, korban Mualif hendak memasang kabel pada tiang litrik tersebut. Namun tiba-tiba ia tersengat aliran listrik setelah tangannya mengenai kabel jaringan listrik bertetangan tinggi. Dari atas tiang listrik, Mualif pun meminta pertolongan kepada warga.

Aksi heroiknya tersebut berhasil menyelamatkan petugas PLN yang nyaris tewas di atas tiang listrik itu. Korban yang mengalami luka bakar di tangan  dan kakinya itu berhasil diturunkan Angga dibantu sejumlah anggota Polres Ambon dan rekan korban.

Ia pun langsung dilarikan dengan mobil Ambulace Polisi ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan medis. Detik-detik upaya penyelamatan petugas PLN oleh anggota polisi ini menjadi perhatian warga dan anggota Polres Pulau Ambon lainnya, termasuk sejumlah atasannya.

Kepada wartawan Angga mengungkapkan penyelamatan yang dilakukannya sebagai bentuk tanggungjawab tugas sebagai seorang anggota Polri. Dia mengaku, kondisi korban saat diturunkan dari atas tiang listrik sudah tak berdaya lagi, karena tangan dan kakinya hangus terbakar.

“Bukan soal takut atau tidak, ini tugas kita sebagai anggota Polri untuk dapat mengayomi masyarakat, dan syukurlah semua berjalan lancar dan yang terpenting korban selamat, itu sebuah kebanggan bisa selamatkan korban,” tutur Angga.(T05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here